SIM untuk kendaraan listrik
Peraturan Kepolisian RI Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM yang mulai berlaku 19 Februari 2021
lansung saja pdf file untuk
https://korlantas.polri.go.id/wp-content/uploads/2021/03/PERPOL-NO-5-TH-2021-TTG-PENERBITAN-DAN-PENANDAAN-SIM.pdf
Saya ambil pasal 3, ayat 2 bagian
g. SIM C, berlaku untuk mengemudikan
Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder
mesin sampai dengan 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic);
h. SIM CI, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan
kapasitas silinder
mesin di atas 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic) sampai dengan 500
cc (lima ratus
centimeter cubic) atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik;
i. SIM CII, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan
kapasitas silinder
mesin di atas 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau Ranmor sejenis yang
menggunakan daya
listrik;
saya pikir dari hal diatas ada
kesalahan dalam pencantuman atau ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik,
jikalau ini adalah final nggak bisa di rubah lagi artinya bloon
Dengan kondisi seperti ini sebaiknya mendesat bersama sama untuk,
- Merubah per pol tersebut, dimana ditambahkan kata, atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik;
- Membuat peraturan pengecualian yang berlaku setara kendaraan bermesin silinder max 250 cc
- Membuat sim C1 secara otomatis untuk pemilik dan
pengguna kendaraan listrik, sehingga tidak dianggap melanggar peraturan
Untuk hal tersebut kan di ambil beberapa spec dari kendaraan 250 cc
Tenaga paling kecil dari mesin 250 cc pada produk Yamaha xmax, yaitu sebesar 16.8 kw
Sehingga kami mengusulkan angka lebih rendah dari 250 cc, 15
kw
Semoga bisa diusulkan untuk sim C, adalah kendaraan listrik dengan daya kurang
dari 15 KW
Untuk kriteria C1 adalah kendaraan listrik dengan daya antara 15 KW sampai 60 KW, karena ada produk kendaraan 250 cc dan menghasilkan daya 30KW, yaitu /cbr-250-rr, sehingga batas atas sim c2, 2x power 250cc terbesar
Sedang untuk kriteria sim C2, adalah kendaraan listrik
dengan daya lebih besar dari 60KW
Demikian usulan untuk kriteria sim untuk kendaraan listrik
Honda Forsa, https://www.astra-honda.com/product/forza
Tipe Mesin eSP+, 4-katup, 4-langkah,
SOHC
Volume Langkah 249 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection (PGM-FI)
Diameter X Langkah 67 x 70,7 mm
Tipe Tranmisi Otomatis
Rasio Kompresi 10,2 : 1
Daya Maksimum 17 kW / 7.750 rpm
Torsi Maksimum 24 Nm / 6250 rpm
Tipe Starter Elektrik
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
Sistem Pendingin Mesin Pendinginan Cairan
https://www.astra-honda.com/product/cbr-250-rr
Tipe Mesin 4-Stroke, 8-Valve,
Parallel Twin Cylinder
Kapasitas Mesin 249.7 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Diameter X Langkah 62,0 x 41,4 mm
Tipe Tranmisi Manual, 6 Speed
Rasio Kompresi 12,1:1
Daya Maksimum 30 kW (41 PS) /13.000 rpm
Torsi Maksimum 25 Nm (2,5 kgf.m)/11.000 rpm
Tipe Starter Electric
Tipe Kopling Multiple Wet Clutch with Coil Spring
Sistem Pendingin Mesin Liquid Cooled With Auto Electric Fan
https://www.astra-honda.com/product/crf-250-rally
Tipe Mesin 4-Stroke DOHC 4-valve
Single Cylinder
Kapasitas Mesin 249.6cc
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Diameter X Langkah 76 x 55
Tipe Transmisi 6-speed Manual
Rasio Kompresi 10,7 : 1
Daya Maksimum 18,9 kw / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 23,1 Nm / 6.500 rpm
Tipe Starter Electric
Tipe Kopling Wet, Multi-Plate Wet Clutch
Sistem Pendingin Mesin Liquid-cooled
Pola Perpindahan Gigi 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6
https://www.yamaha-motor.co.id/product/xmax/
Mesin
SISTEM BAHAN BAKAR |
Fuel Injection |
|
|||||||||||
TIPE KOPLING |
Single Dry Clutch |
|
|||||||||||
TIPE TRANSMISI |
Full Automatic |
|
|||||||||||
TIPE MESIN |
Liquid Cooled 4-stroke, SOHC |
|
|||||||||||
JUMLAH / POSISI SILINDER |
Single Cylinder |
|
|||||||||||
DIAMETER X LANGKAH |
70,0 x 64,9 mm |
|
|||||||||||
PERBANDINGAN KOMPRESI |
10.5±0.4 : 1 |
|
|||||||||||
DAYA MAKSIMUM |
16,8 Kw/7000rpm |
|
|||||||||||
TORSI MAKSIMUM |
24,3 Nm/5500rpm |
|
|||||||||||
SISTEM STARTER |
Electric Starter |
|
|||||||||||
SISTEM PELUMASAN |
Wet Sump |
|
|||||||||||
KAPASITAS OLI MESIN |
Total = 1,7 L ; Berkala = 1,5 L |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
https://www.yamaha-motor.co.id/product/tmax-dx/
Mesin
Displacement |
530 CC |
Bore X Stroke |
68.0 mm x 73.0 mm |
Compression Ratio |
10.9 : 1 |
Max Power |
33.8 kW @6750 rpm |
Max Torque |
53.0 Nm @5250 rpm |
Fuel System |
Fuel Injection |
https://www.yamaha-motor.co.id/product/mt-25/
Mesin
Sistem pelumasan |
basah |
Kapasitas oli mesin |
total = 2,40L : berkala = 1,80L ; ganti filter oli = 2,10L |
Sistem bahan bakar |
Fuel Injection |
Tipe mesin |
4 langkah berpendingin cairan, DOHC |
Jumlah/posisi silinder |
2 silinder/tegak |
Diameter x Langkah |
60,0 x 44,1 mm |
Perbandingan kompresi |
11,6 : 1 |
Daya maksimum |
26.5 kW/12.000 rpm |
Torsi maksimum |
23.6 Nm/10.000 rpm |
Sistem starter |
elektrik starter |
https://www.yamaha-motor.co.id/product/r25/
TIPE MESIN |
Liquid cooled 4-stroke, DOHC |
SISTEM BAHAN BAKAR |
Fuel Injection |
TIPE KOPLING |
Basah, Kopling manual , Multiplat |
TIPE TRANSMISI |
Constant mesh 6-kecepatan |
JUMLAH / POSISI SILINDER |
Inline 2-cylinder |
DIAMETER X LANGKAH |
60,0 x 44,1 mm |
PERBANDINGAN KOMPRESI |
11,6 : 1 |
DAYA MAKSIMUM |
26,5kW/12000rpm |
TORSI MAKSIMUM |
23.6Nm/10000rpm |
SISTEM STARTER |
Elektrik starter |
SISTEM PELUMASAN |
Basah |
KAPASITAS OLI MESIN |
Total = 2,40 L ; Berkala = 1,80 L ; Ganti filter oli = 2,10 L |
---------
Artikel ini sudah Terbit di AyoSurabaya.com, dengan Judul 11 Jenis SIM Terbaru di Indonesia, Ada untuk Difabel & Kendaraan Listrik, pada URL https://www.ayosurabaya.com/read/2021/03/13/8564/11-jenis-sim-terbaru-di-indonesia-ada-untuk-difabel-kendaraan-listrik
Penulis: M. Naufal Hafizh
Editor : M. Naufal Hafizh
---------
Artikel ini sudah Terbit di AyoSurabaya.com, dengan Judul 11 Jenis SIM Terbaru di Indonesia, Ada untuk Difabel & Kendaraan Listrik, pada URL https://www.ayosurabaya.com/read/2021/03/13/8564/11-jenis-sim-terbaru-di-indonesia-ada-untuk-difabel-kendaraan-listrik
Penulis: M. Naufal Hafizh
Editor : M. Naufal Hafizh
Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "SIM C Dibagi Tiga Golongan, Motor Listrik Punya SIM Khusus", Klik selengkapnya di sini: https://otomotif.bisnis.com/read/20210531/273/1399728/sim-c-dibagi-tiga-golongan-motor-listrik-punya-sim-khusus.
Author:
Editor : Muhammad Khadafi
Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS
Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "SIM C Dibagi Tiga Golongan, Motor Listrik Punya SIM Khusus", Klik selengkapnya di sini: https://otomotif.bisnis.com/read/20210531/273/1399728/sim-c-dibagi-tiga-golongan-motor-listrik-punya-sim-khusus.
Author:
Editor : Muhammad Khadafi
Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS
Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "SIM C Dibagi Tiga Golongan, Motor Listrik Punya SIM Khusus", Klik selengkapnya di sini: https://otomotif.bisnis.com/read/20210531/273/1399728/sim-c-dibagi-tiga-golongan-motor-listrik-punya-sim-khusus.
Author:
Editor : Muhammad Khadafi
Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS
Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "SIM C Dibagi Tiga Golongan, Motor Listrik Punya SIM Khusus", Klik selengkapnya di sini: https://otomotif.bisnis.com/read/20210531/273/1399728/sim-c-dibagi-tiga-golongan-motor-listrik-punya-sim-khusus.
Author:
Editor : Muhammad Khadafi
Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS
Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "SIM C Dibagi Tiga Golongan, Motor Listrik Punya SIM Khusus", Klik selengkapnya di sini: https://otomotif.bisnis.com/read/20210531/273/1399728/sim-c-dibagi-tiga-golongan-motor-listrik-punya-sim-khusus.
Author:
Editor : Muhammad Khadafi
Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS