Wednesday, June 08, 2005

Tips Sales (11)

Subject: [sales-club] Tips Sales (11)
Date: Monday 19 July 2004 08:52
From: "paul_patty04"

Salam Sales

51. Setiap Pertemuan Penjualan Itu Penting
Salah satu hal yang paling menjengkelkan bagi para tenaga penjual
adalah keharusan dari perusahaan bahwa mereka harus menghadiri setiap
pertemuan penjualan tanpa alpa satu pertemuan pun.

Akan tetapi mereka yang memiliki kinerja penjualan yang baik, apa pun
industri mereka, akan selalu memastikan bahwa mereka menghadiri
setiap pertemuan penjualan tersebut. Ada dua alasan untuk itu. Yang
pertama adalah dengan menghadiri setiap pertemuan penjualan mereka
akan selalu up to date dengan perkembangan terbaru di perusahaan.
Mereka akan selalu memperoleh informasi itu dari tangan pertama. Yang
kedua dan yang paling penting, mereka dapat berpartisipasi membangun
tim penjualan yang dinamis.

Apakah mereka tenaga penjualan nomor satu atau masih berjuang ke arah
tersebut, seorang tenaga penjual profesional menyadari bahwa bidang
ini adalah bidang yang "sepi" dan mereke memerlukan setiap dukungan
yang bisa mereka dapatkan.

52. Berhenti menyalahkan pihak lain
Jika keadaan tidak berjalan dengan baik bagi anda di kantor sangatlah
mudah untuk mengatakan bahwa perusahaanlah yang salah, bukan anda,
dan mulai mencari tempat baru. Toh, masih banyak perusahaan di luar
sana yang mencari perwakilan penjualan (sales representatives).
Sangat mudah untuk mencari posisi lain dan terus berpindah-pindah
sembari berharap bahwa suatu saat nanti pekerjaan yang pas (sempurna)
pasti akan jatuh ke pangkuan anda.
Akan tetapi kenyataannya adalah bahwa inilah pekerjaan yang sempurna
tersebut.

Sudah waktunya bagi anda untuk berhenti menyalahkan pihak lain.
Apakah itu perusahaan, pimpinan atau pun area penjualan anda.
Mulailah untuk bertanggung jawab atas segala konsekuensi dari
tindakan anda sendiri dan tentukan kemana anda ingin pergi.

53. Setiap Orang Dapat Melihat Apa yang Salah
Apakah saat ini anda sedang duduk terdiam, mengeluh dalam hati dan
menunggu untuk seseorang datang dalam hidup anda untuk memecahkan
persoalan hidup yang sedang anda hadapi?

Tuliskan 10 hal yang anda rasa paling mengganggu dalam hidup anda.
Taruh tanda cek di samping pernyataan-pernyataan dimana anda merasa
bahwa anda sendirilah, 100% dari anda, yang menemukan pemecahaan
terhadap hal-hal menjengkelkan tersebut. Sementara untuk pernyataan-
pernyataan yang masih mengganggu dan membuat anda mengeluh berikan
tanda silang besar di sampingnya.

Nah, untuk poin-poin yang bertanda silang tersebut, anda belum
menemukan jalan keluarnya karena anda belum menyadari bahwa tugas
andalah untuk menemukan jalan keluarnya.

Segera setelah anda bersedia bertanggung jawab 100% untuk hal-hal
tersebut, anda akan segera melihat dan menemukan jalan keluarnya.
Tujuan yang ingin anda capai hal pertama yang anda tentukan kemudian
anda akan melihat jalan untuk mencapainya, tetapi sebelum itu
terjadi, anda harus bersedia mengakui bahwa itu adalah 100% tanggung
jawab anda.

54. Bersenang-senang
Semua orang berhadapan dengan tantangan dan memiliki kisah drama
hidup sendiri. Sehingga di saat seseorang datang dan dia terlihat
gembira, orang lain akan segera mengetahuinya.

Jika seorang klien datang, apakah yang akan mereka lihat. Seseorang
yang sedang bahagia dan enjoying the time atau seseorang yang sedang
memiliki masalah.

55. Klien Ini Terlalu Baik Untuk Saya
Berpikir bahwa seorang calon klien itu terlalu baik atau di luar
kualifikasi anda adalah salah penghambat terbesar bagi perkembangan
bisnis anda.

Luangkan sedikit waktu dan daftar nama-nama perusahaan yang belum
anda dekati karena anda merasa bahwa mereka tidak akan membutuhkan
jasa atau produk anda. Lalu segera berencana untuk menelepon,
mengirim surat atau menyusun rencana presentasi untuk mereka.

Hanya ada satu cara untuk mengalahkan ketakutan: HADAPI KETAKUTAN
TERSEBUT.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (12)

Subject: [sales-club] Tips Sales (12)
Date: Tuesday 20 July 2004 08:06
From: "paul_patty04"

Salam Sales

55. Klien Ini Terlalu Baik Untuk Saya
Berpikir bahwa seorang calon klien itu terlalu baik atau di luar
kualifikasi anda adalah salah penghambat terbesar bagi perkembangan
bisnis anda.

Luangkan sedikit waktu dan daftar nama-nama perusahaan yang belum
anda dekati karena anda merasa bahwa mereka tidak akan membutuhkan
jasa atau produk anda. Lalu segera berencana untuk menelepon,
mengirim surat atau menyusun rencana presentasi untuk mereka.

Hanya ada satu cara untuk mengalahkan ketakutan: HADAPI KETAKUTAN
TERSEBUT.

56. Goresan dan Luka Parut (Scratches and Scars)
Seperti halnya anda akan terbiasa dengan goresan-goresan di mobil
anda dengan berjalannya waktu, anda juga akan terbiasa dengan
berbagai perlakuan yang anda terima.

Jika ada seseorang di sekitar anda yang terus-menerus memotong jalan
anda, hadapi mereka secara langsung.

57. Bagaimana Keadaan Jas Anda?
Pastikan bahwa anda mencuci jas anda setidaknya dua minggu sekali.

58. Latihan
Di dunia lahan yasan (real estate), kata kuncinya adalah lokasi,
lokasi dan lokasi. Di dunia penjualan, kata kuncinya adalah latihan,
latihan dan latihan.

59. Bergabunglah Dengan Para Pemenang
Pemenang adalah mereka yang selalu tersenyum. Jika anda bergaul
dengan orang-orang dengan sikap positif, mereka akan mendorong anda
menuju sukses.

60. Pertama Anda Harus Percaya, Kemudian Anda Akan Melihatnya
Jika anda seperti orang kebanyakan, anda dibesarkan untuk melihat
dulu baru percaya.

Akan tetapi manusia-manusia sukses mengetahui bahwa sukses, di bidang
apa pun, hanya akan terjadi jika anda terlebih dahulu percaya bahwa
anda dapat melakukannya.

Dengan kata lain, anda harus terlebih dahulu percaya sebelum anda
dapat meraihnya

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (13)

Subject: [sales-club] Tips Sales (13)
Date: Wednesday 21 July 2004 09:08
From: "paul_patty04"

Salam Sales

61. Seluruh Dunia Tidak Harus Membeli Produk Anda
Jika ada satu hal yang paling membuat orang Australia muak terhadap
tenaga penjual adalah tenaga penjual yang menganggap bahwa jasa atau
produk mereka adalah yang terbaik dari terbaik dan itu untuk semua
orang.

Kita semua mengagumi dan menyukai antusiasme tetapi untuk bersikap
berlebihan hanya akan menguatkan pendapat umum bahwa seluruh tenaga
penjual adalah seperti itu.

62.      Berhati-hatilah Terhadap "Orang Lama"
Jika anda baru saja bergabung dengan sebuah tim penjualan dan salah
satu anggota tim mengatakan bahwa dia adalah "orang lama", waspadalah.

Yang mereka sebenarnya ingin katakan adalah bahwa mereka
tahu "caranya" dan hanya ada satu cara. Mereka begitu karena mereka
merasa terancam dan ingin menghambat perkembangan anda.

Berbaik-baik sajalah dan bersikap sopan terhadap mereka, tetapi apa
pun yang anda lakukan, WASPADALAH!!

63. Kuncinya Adalah Pertanyaan
Bahas bahan presentasi anda dengan keluarga atau teman-teman dekat
anda. Pastikan bahwa bahan presentasi anda mengandung sebanyak
mungkin pertanyaan dan hilangkan sebanyak mungkin pernyataan.

64.      Disiplin Diri dan Kekuatan Tekad
Banyak orang terjun di bidang penjualan ini karena mereka menyukai
kebebasan yang ditawarkan bidang ini.

Salah satu permasalahan dengan kebebasan yang besar ini adalah godaan
untuk memanfaatkan kebebasan itu terlalu jauh atau dengan kata lain
anda cenderung untuk bersikap malas di saat seharusnya anda
mengeluarkan usaha ekstra.

Tanyakan pada orang-orang di sekitar anda, teman-teman terpercaya
anda, untuk memperoleh usul bagaimana meningkatkan kinerja anda.

65. Jual Manfaat
Apakah anda menjual rumah, telepon atau peralatan berkemah, anda
sebenarnya menjual manfaat.

Di bidang lahan yasan (real estate) anda menjual ruang ekstra agar
anak-anak dapat berlari dengan bebas. Jika anda menjual telepon, anda
menjual kenyamanan dan keamanan. Dengan peralatan berkemah anda
menjual kemudahan untuk mendirikan tenda dan kekuatan dari tenda
tersebut untuk melindungi anda.

Jual manfaat bukan produknya

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (14)

Subject: [sales-club] Tips Sales (14)
Date: Friday 23 July 2004 08:33
From: "paul_patty04"

Salam Sales

66. Tanyakan Pertanyaan Yang Menguatkan
Sebagai tenaga penjual, kita semua mengetahui bagaimana pertanyaan
dapat mengungkapkan alasan mengapa klien tidak membeli produk atau
jasa kita.

Namun, pertanyaan seperti apakah yang anda tanyakan. Apakah
pertanyaan yang anda tanyakan tersebut adalah pertanyaan yang
menguatkan minat untuk membeli ataukah anda menanyakan hal
sebaliknya. Menanyakan pertanyaan negatif yang berfokus pada alasan
mengapa klien tidak membeli.

Ingat, klien anda adalah cerminan pikiran anda, positif atau negatif.
67.      Berlarilah Dengan Seluruh Keyakinan Dan Perasaan Anda
Setiap saat saya percaya pada diri saya, pada apa yang hati dan
pikiran saya katakan pada diri saya sendiri, saya benar.

Namun, jika saya berlaku sebaliknya, saya salah.

68. Semua Orang Menyukai Waktu Makan Siang yang Panjang
Salah satu cara termudah untuk mendapatkan account baru atau
memperpanjang account yang sudah ada adalah dengan mengundang klien
bersantap siang di restoran terbaik di kota anda. Semua biaya
ditanggung oleh anda.

Karena hal seperti ini tidak lagi menjadi sebuah trend atau kebiasaan
di dunia bisnis, anda akan terlihat berbeda dibandingkan dengan para
pesaing anda.

Jangan takut jika para klien kemudian menjadi tidak suka dengan hal
tersebut karena mereka merasa bahwa biaya untuk acara tersebut datang
dari fee yang mereka bayarkan kepada anda. Jika mereka percaya pada
anda, mereka akan menghargai acara tersebut. Mereka tidak akan
berkata, "Jangan bawa saya ke restoran terbaik" atau "Saya tidak
ingin bersantai-santai walau barang sejenak...."

Apa yang akan anda katakan apabila anda menerima tawaran perjamuan
makan siang?

69. Jangan Takut Untuk Meminta Pertolongan
Tidak ada medali di dunia bisnis sekedar karena anda melakukan
pengorbanan. Semuanya adalah tentang bertahan hidup, survival. Jadi,
jika anda membutuhkan bantuan, apakah itu nasihat penjualan, nasihat
pribadi atau nasihat keuangan, carilah sekarang.

Beberapa pengalaman paling berharga di dalam hidup datang dari
bagaimana anda menghadapi permasalahan yang datang di hidup ini.
Namun kadang hal ini tidak cukup, anda juga harus belajar dari
permasalahan tersebut. Meminta nasihat dan belajar dari orang-orang
yang pernah mengalami permasalahan akan menjadi pelajaran yang tak
ternilai harganya.

70. Oh, It Was Nothing
Salah satu cara termudah untuk mengangkat suasana hati anda adalah
dengan secara sadar menerima seluruh pujian yang datang pada diri
anda.

Tidak ada teknik ajaib atau hal lain, cukup dua kata: Terima Kasih.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (15)

Subject: [sales-club] Tips Sales (15)
Date: Monday 26 July 2004 07:52
From: "paul_patty04"

Salam Sales

71. Manusia Akan Cenderung Untuk Berkumpul Dengan Sesamanya
Kita semua bergaul dengan orang-orang dimana kita merasa nyaman
berada bersama mereka. Jadi, sangatlah beralasan apabila anda
memiliki seorang klien dan juga ingin memperoleh hal yang sama lagi,
maka anda meminta dia untuk merujukkan anda pada rekan-rekannya,
teman bermain tenisnya, teman-teman makan siangnya dan lain lain....

72. Perhatikan Sisi Positif, Abaikan Sisi Negatif
Pernyataan di atas sangatlah berharga. Kali lain anda bertemu orang
baru, pastikan bahwa anda akan mencari sisi baik dari orang baru
tersebut dan fokus pada hal-hal tersebut dan abaikan sisi-sisi tak
baiknya.

73. Mulailah Dengan Hasil Akhir
Daftar 10 perusahaan yang sangat anda inginkan untuk dapat menjadi
klien anda. Kemudian tuliskan tenggat waktu dimana perusahaan-
perusahaan tersebut harus telah menjadi klien anda.

74.      Tuliskan Tujuan Anda dan Baca Dua Kali Sehari
Saya pernah membaca bahwa para jutawan membaca tujuan mereka satu
kali sehari dan milyarder dua kali sehari.

Berapa kali dalam sehari anda membaca tujuan anda?

75. Pukau Mereka Pada Pertemuan Tak Terduga
Misalkan di sebuah akhir minggu pada saat anda sedang mengisi bensin
dan kemudian anda melihat seorang eksekutif dari perusahaan dimana
anda berusaha memperoleh bisnis. Eksekutif tersebut mungkin berpikir
bahwa anda akan menghampiri dia untuk menanyakan bagaimana kabar
proposal anda atau bertanya apakah anda dapat bertemu dia untuk
pengajuan proposal.

Namun apabila ternyata anda menghampiri dia dan mengobrolkan hal lain
di luar pekerjaan, sebuah obrolan santai, dia akan pergi dengan
perasaan yang baik. Dan kali lain anda bertemu dengannya, sangat
besar kemungkinan anda akan dihadiahi jawaban: "IYA", karena anda
membiarkan dia menikmati hari liburnya.

Ingat: Kesabaran akan memenangkan anda (slow and steady wins the race)

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (16)

Subject: [sales-club] Tips Sales (16)
Date: Tuesday 27 July 2004 07:58
From: "paul_patty04"

Salam Marketer

76.      Apakah Pakaian Kerja Anda Sudah Sesuai
Saat berada di sebuah arport, pernahkah anda perhatikan para pilot
yang sedang berjalan menuju ke pesawat mereka? Jika iya, anda pasti
tahu bahwa mereka selalu berpakain rapi lengkap dengan pangkat mereka
di bahu dan logo emas di dada yang menunjukkan dari perusahaan
penerbangan mana mereka berasal.

Apakah menurut anda aksesoris ini akan membuat mereka menjadi pilot
yang lebih baik? Akan membantu mereka menerbangkan pesawat? Seragam
dan seluruh kelengkapannya tersebut ditujukan kepada anda dan saya.
Bayangkan jika para pilot tersebut hanya mengenakan kaos Joger dan
celana pendek?

Kemudian, bagaimana apabila para pelayan di sebuah toko olahraga
semuanya mengenakan jas lengkap dengan dasinya? Well....pelayanan
yang akan mereka berikan akan tetap baik tetapi penampilan mereka
akan terlihat tidak pas.

Pastikan bahwa busana yang anda kenakan sesuai dengan citra yang anda
ingin tampilkan di mata klien anda.

77.      Pernyataan Visi Tidak Hanya Untuk Perusahaan
Banyak perusahaan menulis pernyataan visi karena pernyataan visi
memberikan fokus terhadap apa yang mereka lakukan dan sebagai
pengingat siapa mereka. Biasanya pernyataan visi tersebut hanya
terdiri atas 3 atau 4 baris dan merangkum apa yang dilakukan
perusahaan tersebut, prinsip dan tujuan perusahaan.

Luangkan waktu untuk menulis pernyataan visi anda dan pastikan bahwa
pernyataan visi tersebut singkat dan padat. Pernyataan visi tersebut
akan membuat anda fokus dan dapat menjadi referensi anda di saat anda
harus membuat keputusan.

Ingat, berpeganglah pada hal-hal yang anda tahu bisa, anda tahu bahwa
anda mumpuni di sana dan tinggalkan yang lainnya.

78.      Berpikir Global, Bertindak Lokal
Banyak perusahaan di Australia yang mengadopsi metode dan resep
penjualan dari kantor pusat mereka yang kadang-kadang berada di luar
negeri.

Walaupun tidak ada yang salah dengan mengadopsi resep sukses dari
kantor pusat, namun ingat untuk berpikir global dan bertindak lokal.
Atau dengan kata lain, serap ilmu dan resep dari kantor pusat namun
kemudian sesuaikan dengan pasar anda pada saat implementasi.
79.      Informasi Dalam
Salah satu sumber informasi tentang perusahaan yang paling jarang
dibicarakan adalah meja di ruang tunggu atau ruang tamu perusahaan
tersebut. Di sana tersedia berbagai macam majalah dan terkadang
terselip juga laporan tahunan dan atau majalan bulanan internal
perusahaan. Majalah-majalah ini adalah sumber informasi dalam terbaik
yang berisikan apa saja yang terjadi di dalam perusahaan tersebut,
termasuk berita mutasi dan promosi. Datang 10 menit lebih awal dari
janji anda dan gunakan waktu tersebut untuk mencari tahu informasi
terakhir tentang perusahaan tersebut.

80.      Jadilah Pendengar Yang Baik
Jika salah satu klien anda mulai bercerita tentang masalah pribadi
mereka seperti pertengkaran dengan pasangan mereka atau bagaimana
menyebalkannya tetangga mereka, dengarkan dan angguki cerita mereka.
Mereka tidak bertanya pendapat anda ataupun ingin mendengar masalah
pribadi anda.

Banyak tenaga penjual yang tidak tahu harus berbuat apa dalam kondisi
seperti di atas dan kadang merespon dengan anggapan bahwa klien
memperlakukan mereka seperti seorang sahabat. Salah satu cara untuk
melihat kondisi ini adalah dengan membayangkan misalkan anda sedang
naik taksi, terkadang anda akan langsung saja bercerita tentang hari
anda. Pada keadaan tersebut anda hanya ingin seseorang yang dapat
mendengarkan anda dan tentunya anda tidak ingin terjadi sebaliknya.

Salam Marketer

Paul Patty

Tips Sales (17)

Subject: [sales-club] Tips Sales (17)
Date: Wednesday 28 July 2004 13:54
From: "paul_patty04"

Salam Sales

81.      Anda Bawa Tidur Saja
Kita semua tahu slogan Nike: "Just Do It" atau langsung saja lakukan.
Begitu juga jika anda ingin memperoleh pemecahan terhadap sebuah
masalah seperti bagaimana menangani keinginan tertentu seorang klien.
Untuk itu slogan yang pas adalah: Bawa Tidur Saja.

Sepanjang sejarah, banyak tokoh politik dan bisnis mengungkapan bahwa
mereka ingin membawa masalah mereka tidur saat dihadapkan pada
permasalahan pelik.

Dengan tidak membuat keputusan saat itu juga mereka menggunakan
kekuatan pikiran bawah sadar mereka untuk memecahkan persoalan.

Anda tidak harus menanggung seluruh masalah di dunia untuk dapat
nmenggunakan teknik ini. Anda dapat menggunakannya untuk setiap
masalah.

82.      Tunjukkan dan Katakan (show and tell)
Ingatkah anda dengan sesi tunjukkan dan katakan saat anda masih di
sekolah dasar? Di situ anda diharuskan membawa sesuatu yang anda
banggakan.

Sesi tersebut diberi nama tunjukkan dan katakan dan bukannya katakan
setiap saat karena memang sesi tersebut dirancang untuk melibatkan
seluruh murid.  Jika seluruh murid dapat melihat, menyentuh atau
mencium apa yang sedang anda bicarakan, maka sesi tersebut akan
terasa lebih menyenangkan dan seru.

Hal yang sama juga berlaku bagi orang dewasa. Ambil contoh tenaga
penjual di dealer mobil. Setelah beberapa pertanyaan untuk mengetahui
kebutuhan konsumen, cara terbaik untuk melibatkan mereka secara
emosional dengan produk yang akan ditawarkan adalah adalah dengan
melakukan test-drive. Bau mobil baru dipadukan dengan perasaan
mengemudikan teknologi kendaraan teranyar akan mengalahkan presentasi
terbaik seorang tenaga penjual.

83.      Tunjukkan Kepemimpinan Anda Sejak Awal
Salah satu hal tersulit yang harus dilakukan seorang tenaga penjual
adalah mendapatkan waktu untuk bertemu seorang klien, khususnya
eksekutif senior.

Jika seorang klien pada level ini bertanya pada anda kapankah waktu
yang tepat untuk bertemu jangan hanya menjawab, "Bapak/Ibu bisanya
kapan?"

Eksekutifi senior menginginkan dan menghargai kepemimpinan pada
setiap area bisnis, jadi jika mereka menanyakan pertanyaan ini
sebaiknya anda menjawab seperti ini, "Jam sebelas pagi hari selasa
adalah waktu yang tepat, bagaimana dengan bapak?"

Apa yang baru saja anda lakukan adalah menunjukkan kepada mereka
bahwa anda juga sama sibuknya dengan mereka. Mereka akan menghormati
anda karena menunjukkan kepemimpinan yang kuat.

84.      Belajarlah Untuk Mengatakan Tidak
Dapat dikatakan bahwa mereka yang memilih untuk terjun di bidang
penjualan adalah mereka yang senang berinteraksi dengan orang lain.
Hal ini kadang kala membuat kita sulit untuk mengatakan tidak
terhadap ajakan teman untuk pergi bersenang-senang di akhir minggu di
saat seharusnya kita sibuk mempersiapkan bahan kerja pekan depan.

Bukan berarti bahwa anda kemudian menolak semua undangan dari teman
atau lingkungan sosial anda tetapi yang harus anda lakukan adalah
mensiasatinya. Bagaimana? Luangkan beberapa waktu kosong dalam jadwal
mingguan anda yang akan berlaku sebagai waktu yang dapat digunakan
setiap saat. Sehingga misalnya tiba-tiba anda mendapat ajakan dari
seorang teman dan ternyata tidak cocok dengan jadwal anda saat itu,
anda dapat menggunakan waktu kosong tersebut sebagai gantinya. Dengan
begitu anda tidak kehilangan waktu kerja anda dan tidak akan
ditinggal bersenang-senang oleh teman anda.

85.      Temukan Jaringan Anda
Carilah perkumpulan pemasar, mereka yang semata-mata hidup dari
menjual, dan bergabung di sana. Mereka memiliki pengalaman yang sama
dengan anda dan mereka mengerti apa saja yang anda lalui selama ini
sehingga mereka dapat membantu dan memberikan dukungan yang anda
perlukan untuk melalui hambatan-hambatan karir anda.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (18)

Subject: [sales-club] Tips Sales (18)
Date: Friday 30 July 2004 09:05
From: "paul_patty04"

Salam Sales

86.      Mulai Setiap Pertemuan Dengan Hasil Akhir di Benak Anda
Sebelum anda memasuki ruang pertemuan untuk bertemu seorang klien
anda harus terlebih dahulu mengetahui hasil akhirnya akan seperti
apa. Seperti halnya saat kita akan menyewa VCD. Jika kita tahu judul
apa yang kita ingin sewa sebelum kita memasuki toko penyewaannya,
segalanya akan lebih mudah bagi kita. Tetapi jika kita sendiri tidak
tahu persis apa yang kita inginkan, bisa-bisa kita menghabiskan waktu
berjam-jam tanpa hasil. Hal yang sama berlaku juga di penjualan.

87.      Dapatkan Perhatian Mereka
Para penghibur (entertainer) dan pembicara terkenal selalu memulai
pertunjukan mereka dengan kalimat-kalimat provokatif yang akan
memastikan bahwa mereka akan memperoleh perhatian para penonton.

Lalu bagaimana seharusnya anda memulai presentasi anda? apakah anda
akan membicarakan bagaimana cuaca hari ini atau anda memiliki sebuah
teknik khusus untuk memikat dan mengikat perhatian mereka?

Jika anda tidak memiliki sebuah kalimat atau cerita pembuka yang
menarik, anda tidak akan berbeda dengan 30 tenaga penjual lainnya
yang juga mendemonstrasikan keunggulan produk atau jasa yang mereka
jual.

88.      Apakah Anda Ingin Tambahan? (Up Selling)
Up-selling, penjualan tambahan dari transaksi awal, adalah salah satu
teknik penjualan yang paling jarang digunakan tetapi memiliki potensi
membawakan kesuksesan untuk anda.

Intinya adalah tidak menyerah setelah anda berhasil melakukan
penjualan pertama. Kebanyakan tenaga penjual takut untuk melakukan
penawaran barang lagi pada klien yang sama karena menurut mereka hal
tersebut dapat membahayakan transaksi awal yang telah disepakati.
Bayangkan betapa cepatnya anda dapat mencapai target penjualan anda
jika anda menggunakan teknik ini?

89.      Mari Kita Menjaga Hubungan Baik
Berapa banyak peluang bisnis yang terlewatkan oleh anda karena
penerima atau operator telepon di kantor anda mengira anda sedang
keluar?

Jika tidak ada sistem khusus di kantor anda yang dapat memberitahukan
penerima atau operator telepon siapa saja yang sedang keluar dan
siapa saja yang hadir, ciptakan satu khusus untuk anda. Kadang kala
hanya dengan membiasakan mengucapkan salam pada operator atau
penerima telepon anda saat meninggalkan kantor sudah cukup.

90.      Tidak Ada Batas Terhadap Penghasilan Anda
Tidak ada batas penghasilan jika anda bergerak di bidang penjualan.

Satu-satunya batas adalah batas yang diberikan oleh orang lain kepada
anda. Itu dapat berupa target penjualan atau sebuah pengumuman yang
menyatakan bahwa belum ada satu orang pun yang pernah melampaui
penjualan sebesar Rp xxxxxx dalam kurun waktu 6 bulan terakhir ini.

Tips Sales (19)

Subject: [sales-club] Tips Sales (19)
Date: Monday 02 August 2004 10:25
From: "paul_patty04"

Salam Sales

91.      Luangkan Satu Jam Dari Waktu Anda Untuk Prospecting
Anda hanya membutuhkan satu jam untuk mencapai level yang anda
inginkan dalam penjualan.

Disiplinkan diri anda untuk meluangkan setidaknya satu jam dari hari
anda untuk melakukan prospecting.

92.      Jaga Jarak Anda
Saat anda sedang mendemonstrasikan sebuah produk, pastikan bahwa anda
tetap menjaga jarak dengan calon klien karena tidak ada yang suka
wilayah pribadinya dilanggar.

93.      Timing
Untuk setiap pembicara seperti pelawak, timing adalah segalanya. Anda
bisa saja memilki kalimat pamungkas tetapi jika anda tidak
menggunakannya di saat yang tepat, segalanya akan sia-sia.

Penjualan mirip dengan hal tersebut. Anda harus pandai-pandai
mengatur waktu anda dan memastikan bahwa klien anda siap dengan
langkah anda berikutnya.

94.      Anda Harus Terlibat
Kapan terakhir kali anda pergi ke sebuah pertandingan sepak bola
dimana hanya satu tim yang bermain? Jika jawaban anda adalah tidak
pernah, anda benar.

Sekarang bayangkan hal yang sama di lingkungan penjualan. Berapa
banyak tenaga penjual yang mengatakan bahwa mereka sedang memainkan
permainan menjual jika kenyataannya mereka masih berada di luar
lapangan. Anda harus terlibat jika ingin memiliki kesempatan untuk
menang.

95.      Pastikan Anda Telah Menulis Nama Klien Anda Dengan Benar
Saat saya akan membubuhkan tanda tangan saya kepada para penggemar
saya, saya akan selalu bertanya nama dan bagaimana cara mengeja nama
mereka.

Jika anda memberi perhatian pada hal-hal yang kecil, anda akan
memberi kesan yang baik.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (20)

Subject: [sales-club] Tips Sales (20)
Date: Wednesday 04 August 2004 08:22
From: "paul_patty04"

Salam Sales

96.      Duduklah di Depan
Berlawanan dengan kepercayaan umum, saat sedang menghadiri sebuah
seminar posisi teraman adalah duduk di barisan muka.

Yang anda dapatkan dengan duduk di barisan muka adalah bahwa anda
akan merasa andalah satu-satunya peserta di seminar tersebut walaupun
masih ada 3000 peserta lain. Anda juga dapat memperhatikan pembicara
secara lebih dekat dan mendengarkan suaranya langsung dari mulutnya
dan tidak melalui pengeras suara.

Apakah anda tidak akan merasa membuang-buang uang untuk menghadiri
sebuah seminar jika ternyata anda hanya duduk di barisan ke-345
dimana pembicara akan terlihat kecil sekali. Mungkin akan lebih baik
apabila anda membeli videonya saja.

97.      Krisis Adalah Kesempatan
Tahukah anda bahwa karakter bahasa cina untuk kata krisis dan
kesempatan itu sama?

Saya sadar bahwa setiap kemunduran dan krisis yang saya alami selalu
diikuti oleh kesempatan yang setara dengan krisis tersebut atau
bahkan lebih baik.

Jika saat ini anda sedang mengalami saat-saat yang kurang baik, tetap
fokus pada tujuan anda dan saksikan bagaimana keadaan akan berubah
tanpa anda duga-duga.

98.      Apa Yang Harus Saya Lakukan Untuk Dapat Berbisnis Dengan Anda
Ini adalah kalimat yang sangat baik dan dapat memberikan petunjuk
mengapa anda tidak dapat berbisnis dengan klien anda.

Dengan bertanya apa yang harus saya lakukan untuk dapat berbisnis
dengan anda (klien), anda akan terfokus pada kebutuhan klien dan
mengetahui dimanakah posisi anda saat ini. Jika sang klien tidak mau
atau tidak bisa mengatakannya pada anda, mungkin sudah waktunya bagi
anda untuk beralih ke klien lain.

99.      Pastikan Bahwa Lingkungan Anda Sesuai Dengan Harapan Anda
Pernah saya memasuki sebuah toko buah dan saya kira saya akan mencium
bau buah-buahan. Namun sebaliknya saya mencium bau tembakau dan asap
rokok yang sangat kuat. Saat itu juga saya merasa sangat jijik dan
ingin segera keluar dari toko tersebut.

Kejadian tersebut mengingatkan saya bagaimana pentingnya peran sebuah
lingkungan bisnis. Jika di karpet kantor anda terdapat noda kopi,
dedaunan di pot kantor telah menguning hampir mati dan tata ruang
kantor berantakan, anda akan mengirimkan sinyal yang salah terhadap
calon klien anda.

100.      Waktu Untuk Berubah?
Siklus kepemilikan adalah sebuah istilah pemasaran yang menunjukkan
berapa lama seorang konsumen akan memiliki atau menahan barang yang
sama. Untuk mobil siklusnya adalah 6 tahun, pesawat televisi itu
sekitar 7 tahun dan rumah sekitar 10 tahun.

Berapa lamakah siklus kepemilikan produk anda? Sekarang periksa
catatan anda siapa membeli apa dan kapan, mungkin sekarang adalah
waktunya untuk membeli lagi.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (22)

Subject: [sales-club] Tips Sales (22)
Date: Monday 09 August 2004 08:50
From: "paul_patty04"

Salam Sales

106.      Terbanglah di Kelas Bisnis Pada Setiap Kesempatan
Jika anda menginginkan dorongan pada diri anda sendiri, terbanglah di
kelas bisnis sesering mungkin. Duduk di sana baik untuk ego anda dan
perasaan yang anda rasakan akan membawa anda ke tingkat berikutnya.

Jika anda bekerja pada sebuah perusahaan, coba periksa apa kebijakan
perusahaan anda tentang terbang di kelas bisnis. Saya dengar bahwa
beberapa perusahaan melarang staff mereka terbang di kelas bisnis
bahkan walaupun membayarnya dengan uang mereka sendiri. Namun, tidak
akan ada yang melarang anda untuk terbang di kelas bisnis di akhir
minggu.

107.      Keluarga Dapat Memastikan Anda Tetap Termotivasi
Jika menurut anda pasangan dan anak-anak anda sepertinya kurang
mendukung anda, tentukan sebuah hal yang akan dilakukan bersama-sama
oleh seluruh keluarga jika anda berhasil meraih target tertentu.

Misalnya, jika anda dapat meraih target penjualan X, maka anda akan
membawa seluruh keluarga untuk jalan-jalan ke Bali atau Lombok.

Rasakan perubahan yang terjadi. Saat anda pulang ke rumah setelah
menerima penolakan sepanjang hari anda akan merasakan perhatian
ekstra dari mereka. Anda tahu bahwa mereka sayang anda, tetapi
sekarang anda akan menerima lebih banyak perhatian.

108.      Setiap Pertemuan itu Penting
Saat anda bertemu klien anda untuk pertama kalinya, anda akan berlaku
sebaik-baiknya, mengenakan pakaian terbaik anda dan mencoba memberi
kesan terbaik. Lalu apa yang terjadi setelah itu? Kebanyakan dari
kita merasa bahwa setelah pertemuan pertama kita dapat sedikit santai
dan dengan itu kita tidak lagi menampilkan yang terbaik dari diri
kita sendiri.

Kenyataannya adalah bahwa anda dinilai di setiap pertemuan. Anda
hanya sebaik kinerja terakhir anda.

109.      Beri Maaf dan Sembuhkan Diri Anda Sendiri
Mungkin terdengar sentimentil tetapi pernyataan tersebut banyak
kebenarannya. Jika anda terus memendam kemarahan dan kekesalan anda
pada orang lain, anda akan termakan olehnya.

Yang lalu biarkanlah berlalu, untuk kebaikan dan kesehatan diri anda
sendiri.

110.      Program Diri Anda Sendiri atau Anda Akan Diprogram Oleh Orang
Lain
Orang-orang sukses memiliki ide yang jelas tentang apa yang mereka
inginkan dari hidup ini dan bagaimana mencapainya. Mereka juga telah
belajar untuk selalu mengingatkan diri mereka sendiri bahwa mereka
adalah manusia yang istimewa, tidak sekedar tenaga penjual yang baik.

Luangkan waktu sekarang untuk menulis 5 kalimat yang menggambarkan
hal-hal terbaik dari diri anda. Sebagai contoh, jika anda merasa
bahwa anda memiliki hubungan yang baik dengan anak-anak anda,
tuliskan: Anak-anak saya menyayangi dan menghormati saya. Lalu tulis
beberapa kalimat yang menggambarkan hal-hal yang ingin anda lakukan
tetapi anda tahu anda kurang baik di bidang tersebut. Misalnya anda
selalu merasa gugup saat bertemu pimpinan anda. Tuliskan: Saya selalu
relax saat bertemu pimpinan saya.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (21)

Subject: [sales-club] Tips Sales (21)
Date: Friday 06 August 2004 08:36
From: "paul_patty04"

Salam Sales

101.      Jika Segalanya Sedang Berjalan Baik Untuk Anda, Teruskan
Menjual
Sangat mudah sekali untuk langsung merayakan keberhasilan anda meraih
kontrak besar. Namun salah satu hal yang paling menantang dalam dunia
penjualan adalah meneruskan momentum yang baik tersebut.

Orang-orang yang menginspirasi saya adalah para aktor yang
memenangkan piala oscar. Segera setelah mereka menerima anugerah
tersebut, mereka akan segera terbang ke kota nun jauh di sana untuk
membuat film hebat lainnya.

102.      Asuransikan Diri dan Penghasilan Anda
Jika anda adalah bos dari diri anda sendiri, salah satu hal yang
menyebabkan anda tertarik dengan bidang ini adalah kesempatan untuk
memperoleh penghasilan yang lebih baik. Namun, di balik semua itu
kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita esok
hari. Asuransi diri adalah hal yang mutlak di jaman seperti ini.

Bayangkan diri anda tanpa penghasilan dalam kurun waktu 6 bulan ke
depan. Mengerikan bukan?

103.      Anda Tidak Memerlukan Persetujuan Orang Lain
Di sebuah seminar saya bertanya pada seseorang hal apakah yang telah
dia pelajari dari sesi saya. Dia mengatakan bahwa selama ini dia
selalu mengacu pada kakak iparnya berkaitan dengan penetapan tujuan.
Dia selalu menunggu kakak iparnya untuk membeli mobil baru terlebih
dahulu sebelum dia membeli mobil baru untuk dirinya sendiri.

Siapakah yang anda tunggu untuk memberikan tanda: "Ayo Maju"-bahkan
walaupun itu berlangsung secara tidak sadar.

104.      Apakah Keuangan Adalah Titik Lemah Anda
Kebanyakan tenaga penjualan merasa gusar terhadap segala sesuatu yang
berhubungan akuntansi dan merasa terganggu oleh departemen akuntansi
yang selalu mengingatkan mereka untuk selalu rapi dalam administrasi
keuangan.

Terimalah kenyataan bahwa anda baik dalam penjualan namun anda tidak
perlu untuk menjadi nomor satu untuk hal-hal yang berkaitan dengan
angka. Anda memiliki gairah yang tinggi untuk menutup transaksi
sementara akuntan memiliki minat yang tinggi akan angka.

Bertahanlah pada kelebihan anda namun pastikan bahwa anda memiliki
orang yang jago dengan angka, di kantor dan di rumah.

105.      Siapkan Mental Anda Terhadap Penolakan
Penolakan adalah hal yang sangat umum di dunia penjualan seperti
layaknya prospecting dan rujukan. Terkadang sangat sulit untuk
menerima penolakan khususnya jika kita telah bekerja sangat keras
untuk mendapatkan kontrak ini tetapi akhirnya kita hanya mendapatkan
kata TIDAK sebagai jawaban.

Tenaga penjual yang hebat mengetahui bahwa penolakan adalah bagian
dari hidup. Mereka tidak pernah bermimpi bahwa penolakan akan hilang.
Yang mereka lakukan adalah menguatkan diri mereka sendiri sehingga
jika penolakan itu datang di depan mata mereka, tidak akan mengganggu
pekerjaan, hidup dan bisnis mereka.

Jadi, apa yang akan anda lakukan pekan depan untuk mengutkan mental
anda? Dengan membaca setidaknya satu buku motivasi diri setiap
minggunya, saya berhasil untuk tetap fokus dan lapar. Bagaimana
dengan anda?

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (23)

Subject: [sales-club] Tips Sales (23)
Date: Wednesday 11 August 2004 08:51
From: "paul_patty04"

Salam Sales

111.      Pastikan Pasangannya Terlibat
Di dalam situasi bisnis saat ini, anda tidak bisa membiarkan pesaing
anda memiliki keunggulan atas anda.
Jika produk atau jasa yang anda tawarkan membutuhkan kehadiran kedua
pihak dari satu pasangan untuk membuat sebuah keputusan seperti
pembelian atau renovasi rumah, pastikan bahwa keduanya hadir. Saya
pernah membaca bahwa apabila keduanya hadir, ada kemungkinan 80%
transaksi akan berlangsung.

112.      Sebuah Jabat Tangan Dapat Mengatakan Banyak Hal
Jabat tangan dapat menyampaikan banyak hal tentang anda kepada lawan
bicara anda. Jabat tangan terbaik adalah jabat tangan yang erat
dimana anda menggenggam erat tangan lawan bicara anda lalu
melepaskannya.

Untuk melihat bagaimana sebenarnya jabat tangan anda, tanyakan pada
teman dan anggota kelurga bagaimana pendapat mereka dan terimalah
pendapat tersebut dengan baik.

113.      Jangan Nilai Sebuah Buku Hanya Dari Sampulnya
Salah satu cerita terbaik yang pernah saya dapat adalah mengenai
sepasang suami istri.

Pasangan suami istri yang mengenakan pakaian sangat sederhana
tersebut masuk ke dalam sebuah dealer mobil mewah dan kemudian mulai
bertanya-tanya tentang harga sebuah mobil dengan model terbaru.
Kebetulan yang mereka tanyakan adalah mobil-mobil di kelas harga US$
200.000 dan karena penampilan mereka yang sederhana tersebut, mereka
memperoleh perlakuan yang kurang baik. Kecewa, pasangan tersebut
dengan tenang berjalan menuju dealer mobil lain dan di sana mereka
berbelanja mobil sebanyak US$500.000. Rupanya mereka baru saja
memenangkan uang sebesar US$ 10.000.000 dan ingin sedikit berfoya-
foya.

Jangan pernah membuat kesimpulan prematur.

114.      Mengenal Pusat Pengaruh Dapat Menolong Anda
Pusat pengaruh adalah orang-orang yang anda kenal yang anda tahu
memiliki jaringan yang baik dan memiliki kekuatan untuk mempengaruhi
orang lain dalam jumlah besar.

Pada suatu hari saya menghadiri sebuah acara olahraga bersama pusat
pengaruh kenalan saya. Dalam tempo enam jam dia memperkenalkan saya
pada setidaknya lima orang eksekutif senior yang bersama-sama
memiliki bawahan lebih dari 100.000 orang. Akan memakan waktu
bertahun-tahun untuk dapat berkenalan dengan mereka melalui usaha
saya sendiri.

Siapakah yang anda tahu saat ini yang memiliki jaringan yang baik dan
dapat memperkenalkan ke orang-orang yang berpikiran seperti mereka?
Ada kemungkinan besar bahwa kenalan-kenalan baru anda tersebut ingin
anda melakukan sesuatu untuk mereka seperti yang anda telah lakukan
untuk teman mereka.

115.      Gunakan Nama Pihak Lain (Name Dropping Can Work)
Pada sebuah riset awal saya tentang sebuah perusahaan yang saya incar
untuk dapat menjadi klien saya, saya tahu bahwa CEO perusahaan
tersebut sering menyebut perusahaan X sebagai rujukan. Dia mengagumi
segala hal tentang perusahaan X tersebut.

Kebetulan sekali perusahaan X adalah salah satu klien terbesar saya.
Jadi, berbekal informasi ini saya pergi bertemu CEO perusahaan
incaran saya tersebut dan secara "tak sengaja" saya menyebut nama
perusahaan X. CEO tersebut hampir jatuh dari kursinya saat saya sebut
perusahaan X dan kemudian bertanya apakah saya benar-benar mengetahui
perusahaan X.

Jawaban saya. "Tidak hanya sekedar tahu, ribuan staff dan pimpinan
mereka menghadiri seminar saya". Tanpa banyak kata, perusahaan
tersebut menjadi klien saya.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (25) -- Last

Subject: [sales-club] Tips Sales (25) -- Last
Date: Friday 13 August 2004 08:57
From: "paul_patty04"

Salam Sales

Kepada para member sales-club, ini merupakan tips sales terakhir dari
semua tips yang jumlahnya 125, tapi tenang saja, masih akan ada seri
tips sales lainnya coming soon

121.      Rencanakan Pekerjaan Anda dan Kerjakan Rencana Anda
Rencanakan pekerjaan anda dan kerjakan rencana anda adalah sebuah
ungkapan yang telah banyak membantu saya mencapai tujuan saya.
Sebagai contoh pada saat saya sedang menulis buku ini, saya tahu jika
saya dapat menulis lima tip per hari saya dapat menyelesaikan buku
ini dalam sebulan.

Pecah (break down) target anda dalam satuan-satuan kecil dan saksikan
bagaimana mereka mempermudah hidup anda.

122.      Ambil Nafas Dalam Dalam
Penasihat perkawinan mengetahui manfaat dari menghitung hingga
sepuluh saat sedang terjadi perselisihan. Hal in juga berlaku di
bisnis. Jika seorang klien menyerang anda karena dia merasa dicurangi
oleh anda, ambil nafas dalam-dalam sebanyak 10 kali dan dengarkan
mereka tanpa menyela sama sekali. Betapa menakjubkan perspektif yang
dapat anda raih dengan menjalankan teknik ini.

123.      Berjalan Perlahan Untuk Meraih Sukses
Meditasi dapat menjadi salah satu teknik terhebat yang dapat anda
gunakan untuk merealisasikan potensi penjualan anda sesungguhnya.

Berpikirlah dengan santai dan kosongkan dari berbagai hal yang
mengganggu anda, maka anda memberikan ruang bagi munculnya ide-ide
baru yang akan membangkitkan penjualan.

124.      Lihat Ke Depan, Jangan Ke Belakang
Singkirkan kartu pos-kartu pos lama dari pintu lemari es anda dan
gantikan dengan kartu pos tempat yang ingin anda tuju.

Posisikan tangan anda pada roda kemudi bukan pada kaca spion dalam
mobil anda.

125.      Penolakan itu Fantastis
Memperoleh penolakan dan mendengar kata "tidak" janganlah menjadi
akhir dari presentasi penjualan anda. Sebaliknya, menjadi sebuah
awal. Jika seorang klien memberikan kata tidak, atau dalam bahasa
penjualan mengungkapkan keberatan, itu berarti bahwa ada sesuatu yang
harus anda jelaskan lebih lanjut atau anda klarifikasi. Jika anda
dapat memberikan penjelasan yang memuaskan, anda akan memperoleh
penjualan tersebut. Jika anda pergi, tenaga penjualan berikut yang
lebih mengerti bagaimana seorang klien berpikir akan memperoleh
penjualan tersebut.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (24)

Subject: [sales-club] Tips Sales (24)
Date: Thursday 12 August 2004 09:08
From: "paul_patty04"

Salam Sales

116.      Stereotyping and Selling
Seperti halnya tenaga penjual menderita karena cap tertentu yang
melekat pada diri mereka, tenaga penjual pun kadang terburu-buru
memberikan cap tertentu pada klien mereka. Beberapa mitos yang ada
adalah:
"X      Kaum wanita sama sekali tidak mengerti mobil
"X      Kaum pria tidak tahu bagaimana cara memilih pakaian
"X      Tidak ada masalah untuk menggunakan umpatan pada klien pria
"X      Orang hanya akan menggunakan mobil yang sesuai dengan latar
belakang mereka.
"X      Anak muda sama sekali tidak menghargai nama mereka.
Lalu, apa sajakah mitos yang anda percayai? Orang terbaik untuk anda
tanyakan adalah pasangan anda. Dia telah mendengarnya berkali-kali
dan dapat membuatkan daftarnya untuk anda.
117.      Anda Juga Menjual di Kantor Anda Sendiri
Sangat mudah untuk melihat diri anda sebagai seorang tenaga penjual
saat anda akan menemui calon klien anda di ruang rapat. Tetapi apakah
anda sadar bahwa anda juga menjual di kantor anda sendiri?

Misalkan anda mengalami sedikit perselisihan dengan resepsionis
kantor tentang siapa yang seharusnya membersihkan dapur kantor. Lalu
misalkan lagi suatu saat ada telepon untuk anda dari seorang klien
penting yang ingin bicara dengan anda secepatnya. Apakah telepon
tersebut akan segera disambungkan pada anda? Saya meragukannya.

Dia dapat mengatakan pada klien penting anda tersebut bahwa anda
sedang tidak di tempat atau malah mengatakan bahwa nama anda tidak
terdaftar di kantor anda sendiri.

Untuk mememenangkan perang tidaklah harus selalu memenangkan
pertempuran (to win the battle is not to win the war).

118.      Berikan Konsesi Untuk Menutup Penjualan
Penjualan dan negosiasi adalah dua hal yang berjalan seiring sekata.
Negosiator ulung biasanya akan menempati posisi atas dari papan
penjualan karena mereka memahami kebutuhan konsumen dan dapat
memenuhinya.

Satu area yang sering digunakan oleh para negosiator ulung tersebut
adalah memberikan konsesi. Pada dasarnya memberikan konsesi adalah
melepaskan/merelakan beberapa keuntungan kita dengan tujuan
mengamankan penjualan.

Salah satu kalimat yang sering digunakan oleh negosiator ulung
adalah: ¡¨Jika saya dapat menjamin bahwa anda tidak akan dibebani
biaya pengiriman untuk 6 bulan pertama, apakah anda akan menjadikan
saya sebagai pemasok anda?¡¨ Misalkan saja biaya pengiriman tersebut
sebesar Rp 6.000.000, maka itulah konsesi yang anda berikan kepada
klien anda untuk memperoleh kontrak jangka panjang yang bernilai
milyaran rupiah tersebut.

Konsesi apakah yang dapat anda berikan untuk mengamankan penjualan
anda?

119.      Ciptakan Dewan Penasihat Anda Sendiri
Penjualan (sales) adalah industri yang sepi. Dengan kondisi yang
terisolasi kemungkinan anda melakukan penyimpangan cukup besar
dibandingkan jika anda bekerja di sebuah lingkungan kantor dimana
anda akan mendapatkan umpan balik secara rutin.

Tetapi tidak harus seperti itu. Anda dapat menciptakan dewan
penasihat anda sendiri dimana anda dapat bertemu secara rutin.
Sekarang tuliskan 5 orang yang anda tahu dapat anda percayai dan
dapat anda mintai pendapat.

Seperti layaknya dewan komisaris sebuah perusahaan, mereka akan dapat
memberikan umpan balik dan nasihat agar anda tetap dapat berada pada
arah yang benar.

120.      Tidak Ada di Anggaran
Jika seorang calon klien mengatakan pada anda, ¡¨Belum dianggarkan¡¨
atau ¡¨Tidak dianggarkan¡¨ sebenarnya mereka mengatakan bahwa mereka
belum cukup yakin dengan anda.

Salam Sales

Paul Patty

Tuesday, June 07, 2005

Minta saran....mau buka usaha warnet.

Subject: Re: [asosiasi-warnet] Minta saran....mau buka usaha warnet.
Date: Monday 16 February 2004 13:36
From: Wahyu
To: asosiasi-warnet@yahoogroups.com

On Monday 16 February 2004 11:39, Richard Bennet wrote:
> karyawan warnet saya dulu aja ternyata masih bangkrut, apalagi gak pake
> teori panduan utk praktek itu tuh...hik..hiks. "Catat semua yg akan di
> kerjakan/ dijadiin aturan main & kerjakan aturan main atas yg telah di
> catat"

Ini nih kayaknya patokan kalau implementasi ISO, tulis apa yang dikerjakan,
kerjakan apa yang ditulis...
Bagian ini bagian operasi....
Kalau 3C STP 4P bagian dari Marketing...

Biasanya sih, orang mulai usaha yang dikerjain pertama marketing/sales lebih
dulu, begitu udah mulai jualan, langkah berikutnya ngerjain bagian operasi..
Kelar punya produk bagus ada yang beli mulai deh keuangan di lihat, keuangan
udah OK yang paling sial paling belakang adalah benahin SDM...
Emang nggak selalu urut, kadang juga cara-cara ini sangat bergantung dari
background pengusahanya....
Kalo background teknikal biasanya yang digeber atau diutak-atik bagian
operasi dulu, dengan alasan kalau produk nggak bagus gimana bisa jual, kalo
background keuangan nah laporan duluan yang diutak-atik, bilangnya "nih cash
flow indikator kegiatan usahanya beres atau nggak", kalau tadinya sales
pasti yang diduluin gimana cara ngejual secara cepat, sayangnya jarang
sekali yang berlatar belakang SDM jadi pengusaha, belum kebayang gimana
caranya ngeduluin SDM sebelum kegiatan lain...

Bidang-bidang itu jangan dipisahin satu sama lain, semuanya ada
keterkaitannya, pemisahan yang dilakukkan disini cuman untuk mempermudah aja
jadi view problem jadi lebih mudah...

Model untuk membesarkan  sebuah usaha(produk) cuman ada 2 macam, mencari
pelanggan baru, biasanya susah dan makan banyak energi, satu lagi
memperbesar konsumsi, ini lebih mudah (walupun nggak gampang-gampang
banget), model warnet mestinya sih memperbesar konsumsi, dimana kebanyakan
dari pengusaha warnet cenderung orang teknikal, lebih semangat memperhatikan
servis lebih kepada pelanggan yang udah ada, sehingga mau memakai lebih
banyak. (inga-inga ini cuman kecenderungan)

Kalau iseng dilihat dari produk lifecycle, bisnis warnet (yang bener-bener
warnet, buka lokasi, investasi komputer berapa biji) menurut penilaian saya
pribadi udah declining. Produk life cycle bentuknya, intruduction, growth,
mature, declining. Yang sekarang sisa, ya, yang paling effisien aja, dan
didukung faktor lain misalnya lokasi, kemampuan daya beli dll.
Bentuk yang mungkin akan berkembang mestinya sih kombinasi warnet dengan
RT/RW net dengan tambahan layanan, misalnya chating antar user (voice, video
text), game online lokal, dll, tapi tetap ada cumannya, bisa dicek ulang
dengan melakukan 3C STP 4P, kira-kira dimana mentoknya...

>  Nb: salah satu teori yg terkini dari saya khusus utk usaha warnet ini(tp
> saya sendiri blm bisa implementasikan krn blm ada modal...hik..hiks..)
> adalah, kalo pilih provider yg pake infrastruktur fibre optic(tv cable) dg
> fix chargenya yg murah itu atau pake wireless yg fix chargenya mahal itu
> tapi di share dg warnet2 terdekat spy jd murah.(Konsultasi tuh ama om
> Didien/Pataka, ato om Onno) Trus pake billing system yg bener...

hehehe typical orang operasional ...

>  ----- Original Message -----
>  From: "Boylondo" <boylondo@softhome.net>
>  Date: Fri, 13 Feb 2004 12:45:28 +0700
>  To: asosiasi-warnet@yahoogroups.com
>  Subject: Re: [asosiasi-warnet] Minta saran....mau buka usaha warnet.
>
>  >
>  > 2. Memang ini cuma sebuah maling list, yang cuma bisa beriteraksi
> dengan > tulisan. Dimana "tulisan" itu adalah "teori" bukan aktifitas
> kerja > (kegiatan). Walaupun ada tulisan yang mendetail langkah2 atau
> cara2 > detail sebuah kerja, tetap aja itu teori. Namun tentu saja teori
> yang > (mudah2an) membawa kita kepada praktek.

secara perhitungan kasar teori kemungkinan besar maksimum berperan cuman
30%-an. Yang paling penting setelah ada teorinya adalah implementasi,
kalaupun udah implementasi, control/feedback menjadi penting. Di warnet,
mengenali pengunjung, ngobrol dengan pengunjung, dst-nya menjadi hal
penting. Kalau terjadi penurunan pengunjung akan kelihatan sebabnya dimana,
juga jadi tahu kira-kira akan bertahan nggak ya kedepannya, jangan sampai
tiba-tiba ambruk karena nggak ngelihat sekitar. Jadi feedback/control
menjadi hal yang penting setelah implementasi, kali aja juga bisa
memperpanjang Produck life cycle...

Ohya.... tulisan saya diatas juga CUMAN TEORI  ;-)

Minta saran....mau buka usaha warnet.

Subject: Re: [asosiasi-warnet] Minta saran....mau buka usaha warnet.
Date: Friday 13 February 2004 11:53
From: Wahyu
To: asosiasi-warnet@yahoogroups.com

On Thursday 12 February 2004 14:58, apiks wrote:
>  Halo temen2,
>  Saya mau buka usaha warnet di rumah.
>  Saya minta saran dan inputan dari temen2 yg udah prof di bidang ini,
>  agar usaha saya tidak sia-sia dan bisa berkembang.
>  Terimakasih sebelumnya atas jawabannya.
>  Salam,
>
>  Apik S

Pakai metoda marketing sederhana 3C STP 4P
3C company costumer competitor
Company : kemampuan anda sendiri bagaimana, seberapa besar/ kuat kemampuan
teknis dan keuangan..
Costumer : siapa calon pelanggan potensial di daerah anda, atau sekitar
rumah, karakteristiknya kalau warnet, tidak buta huruf, ngerti pentingnya
informasi, kemampuan keuangan dsb-nya, istilah kerennya market research.
Competitor: ada nggak saingan di sekitar situ, kalau ada sebaiknya dilihat,
dateng kesana, berapa sewa sejam, dsbnya, bahasa jawanya market intelegent..

Udah dilakukan 3 itu jalan deh ke STP (Segmentasi, Targeting Positioning)
Bagi pasarnya jadi segment-segment, dari segment itu pilih yang jadi target
yang mana, setelah dapet targetnya gimana kita mengenalkan diri ke pelanggan
sebagai apa (posisinya apa, pure warnet, campuran warnet, game center, atau
multi purpose include juga sebagai tempat training)

Kelar ngelakuin itu baru deh jalan ke 4P (product, price, promotion, place)
Product, jelas lah warnet sebagai pusat informasi, atau kalau bentuk lain
yang kasih deh produknya apa...
Price, harga hal yang  sensitif, setiap orang punya perhitungan sendiri,
termasuk asumsi-asumsi yang nggak bisa sama setiap orang
Promotion, jelas setiap usaha baru butuh promosi, paling murah nggak modal
duit adalah mulut ke mulut, naik dikit yang kasih selebaran deh ke sekitar
pakai photocopy atau brosur sederhana..
Place, kadang bisa juga dianggap distribusi, kalau warnet ya masalah lokasi
dimana, kalau misalnya di perumahan, apakah mau konvensional dengan satu
tempat dengan banyak PC atau modal PC server, disebar ke tetangga (RT/RW
net), atau merupakan kombinasi

Diatas cuman standard guideline, yang seharusnya setiap marketing tahu,
detailnya bisa sangat berbeda dalam implementasi..

Mungkin banyak yang bilang koq ruwet banget, atau kalo dihitung kayaknya
nggak jalan, atau ada yang bilang jalan aja dulu baru dilihat, itu mah
bebas-bebas aja...

Ada hal lain yang juga harus diperhatikan, low cost , deffrentiation,
focus...

Low cost, dari awal udah dirancang efisiensi, jadi biaya yang dikeluarkan
serendah-rendahnya, walaupun bukan berarti harga jual juga harus murah.
Kalau memang sudah ada standard harga dengan low cost dibandingkan saingan
berarti anda untung lebih banyak.

Differensiasi, harus ada yang membedakan anda dengan pesaing sehingga
pelanggan lebih memilih anda dibandingkan pesaing, kalau nggak ada perbedaan
dengan pesaing, sedangkan supply lebih besar dari demand yang ada perang
harga deh...

Focus: konsentrasi ke bidang itu, cari inovasi, pengetahuan harus
ditingkatkkan terus, kenali produk dengan baik, sehingga bisa kasih service
ke pelanggan dengan baik...

Apakah low cost, diffrensiasi atau focus bisa jalan bersama ?? kadang nggak
juga, kadang harus memilih salah satu, contoh difrensiasi ada biayanya,
misalnya pakai AC dan tidak pakai AC khan ada biaya tambahan, yang bikin
costnya nggak bisa serendah tanpa pakai AC...

Moga-moga berguna dan minta maaf semua di atas CUMAN TEORI   !!!!

Streaming Video dengan VLC

Subject: [asosiasi-warnet] Streaming Video dengan VLC
Date: Wednesday 24 December 2003 12:12
From: Wahyu

Hi all...
Nyetel VCD atau DVD di komputer sudah biasa..
Beberapa hari terakhir ini saya sedang coba-coba streaming video..
Setelah googling pada akhirnya saya mencoba Video LAN..
Video LAN terdiri dari 2 macam software yaitu VLS (Video Lan Server) dan VLC
(Video LAN Client)..
Saya mencoba yang versi Linux, versi Windows juga tersedia jangan kawatir...
VLS hanya tersedia source code, karena masih versi percobaan dokumentasi
juga nggak terlalu komplit. VLS ini dirancang untuk resource minim, Pakai
pentium 1 juga bisa. Tidak ada GUI, semuanya pakai console, file yang
dibutuhkan juga kecil, operasionalnya ribert...
Perintah yang ada kebnyakan untuk streaming DVD, saya cuman bisa streaming
File, ketika mencoba streaming VCD nggak bisa-bisa...
Capek dengan VLS akhirnya coba VLC

Pertama kali pakai VLC saya cobanya dengan tar.gz, (OS yang  saya pakai SuSE
9.0). Udah compile capek, pada saat terakhir compile VLC-nya error terus,
capek dengan error, akhirnya download yang rpm untuk redhat..
Dipaksa aja install dengan menggunkan YAST akhirnya semuanya bisa berjalan
(hebat juga tuh SuSE mau aja pakai rpm-nya RedHat)

VLC walaupun sebagai client ternyata bisa juga menghasilkan streaming
Video.. Dari terminal (console) tinggal ketik VLC, langsung muncul GUI VLC..
Saya mencoba dengan VCD (maklum drive-nya cuman ada CDROM bukan DVD),
masukin aja CD VCD ke tray CDROM..
Dari Menu VLC tinggal buka yang Open Disc, dibagian bawah ada stream output,
clik mark di depan stream output, kemudian masuk ke setting...
Disini ada pilihan HTTP atau UDP dan yang lain-lain.... silahkan coba
sendiri..
Untuk UDP sebaiknya pakai address multicast (class D tcp/ip di 224.x.x.x
sampai 239.x.x.x)
Klik OK semua, streaming sudah berjalan...
Untuk client di linux ada 2 macam, pakai VLC itu sendiri sebagai client atau
pakai kaffeine..
Sedangkan untuk windows sampai saat ini baru bisa pakai VLC yang under
windows...
Cara client connect gampang juga...
Jika sreaming http, untuk VLC tinggal tinggal buka HTTP-nya kalau pakai port
ketik aja http://192.168.0.34:1234 (server di alamat 192.168.0.34 dengan
port 1234)
Kalau pake yang UDP di sisi Client buka udp://@224.1.1.1:1234
Untuk client dengan kaffeine cara yang sama dengan client menggunakan VLC
dibagian open URL

Percobaan saya belum mengukur bandwidth yang dipakai, kalau untuk LAN
sebearnya nggak ada masalah, bisa di set berapa bandwidth yang dipakai..
Yang pasti dengan streaming ini jumlah client tidak berpengaruh dengan
bandwidth yang dipakai, jadi 1 client atau 10 client jumlah bandwitdth tetap
sama.

Selamat mencoba semoga bisa menjadi nilai tambah untuk layanan Warnet atau
RT/ RW net...