Tuesday, June 14, 2005

VoIP

Apa Itu VoIP?
VoIP (Voice over Internet Protocol), Suara yang dikirim melalui Internet
Protocol. Secara umum berarti mengirimkan informasi suara secara digital
dalam bentuk paket data dibandingkan secara tradisional melalui saluran
analog PSTN (Public Switching Telephone Network).
Jaringan Suara Konvensional
Pada jaringan suara konvesional pesawat telephone langsung terhubung dengan
PABX (Privat Automated Branch exchange) atau jika milik TELKOM terhubung
langsung dengan STO (Sentral Telephone Otomat) terdekat. Dalam STO ini ada
daftar nomor-nomor telephone yang disusun secara bertingkat sesuai dengan
daerah cakupannya. Jika dari pesawat telephone tersebut mau menghubungi rekan
yang lain maka tust pesawat telp yang ditekan akan menginformasikan lokasi
yang dituju, kemudian jaringan akan secara otomatis menghubungkan kedua titik
tersebut.

Jaringan Internet untuk Jaringan VoIP
Jaringan paling sederhana dari VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan
internet. Syarat komputer adalah bisa terhubung ke internet dan mempunyai
soundcard. Dengan software tertentu kedua pemakai komputer bisa saling
terhubung satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk
pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama untuk dalam VoIP adalah
hubungan keduanya dalam bentuk suara. Jika kedua lokasi terhubung dengan
jarak yang cukup jauh (antar kota, antar negara) maka bisa dilihat keuntungan
dari segi biaya. Kedua user hanya membayar biaya terhubung dengan internet
saja. Jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya. hubungan langsung dengan
telephone konvesional.
Pada perkembangan selanjutnya bentuk dari VoIP jauh lebih berkembang. Jaringan
yang dipakai tidak cuma internet saja. Segala bentuk jaringan selama masih
dalam bentuk TCP/IP bisa memanfaatkan VoIP. Bentuk peralatan pun berkembang,
tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain
seperti pesawat telephone biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data
digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau
jaringan analog telephone biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat
(extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara
saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa
dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini
lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia
sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam
bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat
popular di masyarakat umum.
Khusus untuk VoIP bentuk primitif dari jaringan adalah PC ke PC. Dengan
memakai PC yang ada soundcardnya dan terhubung dengan jaringan maka sudah
bisa dilakukan kegiatan VoIP. Perkembangan berikutnya adalah pengabungan
jaringan PABX dengan jaringan VoIP. Disini dibutuhkan VoIP gateway.
Gambarannya adalah lawan bicara menggunakan komputer untuk menghubungi sebuah
office yang mempunyai VoIP gateway. Pengembangan lebih jauh dari konfigurasi
ini berbentuk penggabungan PABX antara dua lokasi dengan menggunakan jaringan
VoIP. Tidak terlalu dipedulin bentuk jaringan selama memakai protocol TCP/IP
maka kedua lokasi bisa saling berhubungan. Yang paling komplek adalah bentuk
jaringan yang menggunakan semua kemungkinan ayng ada dengan berbagai macam
bentuk jaringan yang tersedia. Dibutuhkan sedikit tambahan keahlian untuk
bentuk jaringan yang komplek seperti itu.
Pada awalnya bentuk jaringan adalah tertutup antar lokasi untuk penggunaan
sendiri (Interm, Privat). Bentuk jaringan VoIP kemudian berkembang lebih
komplek. Untuk penggunaan antar cabang pada komunikasi internal, VoIP
digunakan sebagai penyambung antar PABX. Perkembangan selanjutnya adalah
gabungan PABX tersebut tidak lagi menggunakan jaringan tertutup tetapi telah
memakai internet sebagai bentuk komunikasi antara kantor tersebut. Tingkat
lebih lanjut adalah penggabungan antar jaringan. Dengan segala
perkembangannya maka saat ini telah dibuat tingkatan (hirarky) dari jaringan
Voip. Di Indonesia jaringan ini dikenal dengan “VoIP Merdeka”.”VoIP
Merdeka” (VM) dicetuskan oleh Ono W. Purbo yang mencantumkan nomor VoIP di
footer mailnya. Keisengan ini akhirnya ada yang menanyakan. Pada akhirnya
beberapa anggota komunitas tersebut membuat jaringan antar mereka sendiri.
Respon masyarakat yang sangat baik membuat kepopuleran VM melesat dengan
cepat. Pemakai bertambah dengan cepat. Sumbangan dari beberapa ISP dan
dukungan dari APJII (Asossiasi Penyelangara Jaringan Internet) membuat
jaringan ini berkembang menjadi besar. Pada akhirnya dirumuskan kembali
bentuk penomoran untuk VoIP ini yang secara standar menjadi 6288.
Keuntungan VoIP
Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari
VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka
biaya percakapan menjadi sangat rendah.
Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna
jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada
bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya
bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya
technologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat
kecil. Tehnik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar
8kbps bandwidth.
Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan
adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada
dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar.
Contoh di Indonesia adalah VoIP Merdeka.
Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telephone
biasa, IP phone handset

Kelemahan dari VoIP
Kualitas suara tidak sejernih Telkom. Merupakan efek dari kompresi suara
dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan
jaringan PSTN konvensional.
Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda
jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP.
Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan
milik Telkom.
Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling
berhubungan.
Jika memakai internet dan komputer dibelakang NAT (Network Address
Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut
berjalan
Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan
PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin
populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
Berpotensi menyebabkan jaringan Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak,
maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur
dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan
tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan
kekacauuan dalam sistem penomoran

Kesimpulan
Dengan segala potensi yang ada terutama sekali biaya yang relatif murah untuk
percakapan jarak jauh, VoIP sangat berpotensi dikembangkan. Paradigma bahwa
PSTN adalah inti dari jaringan suara harus dirubah bahwa telephone analog
biasa adalah bagian dari IP Telephony, yang mengakibatkan perkembangan
IPTelePhony akan jauh berkembang dengan pesat dibandingkan telephone analog
biasa.
Memanfaatkan idle bandwidth. Jika perusahaan sudah mempunyai jaringan antar
cabang VoIP dapat digunakan tanpa menambah biaya jaringan. Tergantung dari
system yang mau dipakai, jika hanya antar PC maka tidak ada investasi
tambahan untuk membuat jaringan VoIP. Investasi tambahan yang akan muncul
jika jaringan VoIP ini digabung dengan PABX.
Perkembangan VoIP akan makin berkembang menjadi IP Telephony, suatu bentuk
komunikasi multimedia.
Sebagai Alternatif penggunaan telepon, dengan makin maraknya penggunaan VoIP
Merdeka Dari 200 ke 1.300 pengguna dalam 1 bulan pertama. Saat ini 3.000
s.d. 4.000 panggilan dalam sehari. Lebih murah, misalkan biaya internet -
telkomnet instant +/- Rp 10.000/jam, 2 pihak Rp 20.000/jam. Biaya SLJJ Zone 3
(>500km) termurah Rp 505/menit Rp 30.300/jam.

Monday, June 13, 2005

Tips Sales (1)

Subject: [sales-club] Tips Sales (1)
Date: Thursday 01 July 2004 10:22
From: "paul_patty04"

Salam Sales

Mulai hari ini, saya akan menampilkan tips dalam sales, secara
berseri 5 tips untuk setiap harinya

1. To be the best, do your best
Tanyakanlah pada diri anda sendiri "Apa yang perlu saya lakukan
supaya saya menjadi pegawai atau salesman atau manager terbaik di
kantor saya?" Dan lakukanlah. Bila kita mau jadi The Best, kita harus
berani mengambil langkah-langkah berani. Perbaikan kinerja 5-10% saja
tidak akan membawa anda menjadi The Best. Anda harus berani merubah
total bagaimana anda menjalani pekerjaan dan hidup anda.

Dan ingat, di jaman sekarang, terkadang lebih riskan untuk menjadi
safety player dibandingkan untuk berani mengambil risiko.

2. Semua orang sebenarnya adalah "salesman"
Pada dasarnya semua orang adalah salesman, karena dalam kehidupan
sehari-hari kita semua selalu dihadapkan pada situasi meyakinkan
orang lain. Pernahkah anda meyakinkan anak anda untuk memakan
wortelnya ketika dinner? Atau melemparkan sebuah ide ke boss anda?
Itu semua adalah "sales", karena "nothing happens before the sales is
closed". Tidak akan ada suatu hal-pun yang berjalan kalau kita
belum "menjual" ide kita. "Sales" membuat dunia berputar.

3. Objection
Pernahkan anda berada di dalam suatu presentasi dimana pesertanya
mengajukan keberatan terhadap ide anda yang mungkin sudah berhari-
hari anda pikirkan dan kembangkan?  Bagaimana perasaan anda? Marah?
Tersinggung? Atau malah terintimidasi?

Sebenarnya suatu keberatan atau objection adalah permintaan untuk
mendapatkan informasi  tambahan. Sehingga mengatasi objection
sebenarnya sangat mudah yaitu dengan persiapan. Tuliskan sepuluh
keberatan yang biasa anda terima dari klien anda (atau
suami/istri/pasangan hidup) dan temukan jawabannya, karena suatu
ketika saat objection itu muncul kembali, anda telah siap.

4. Tantangan mengerjakan hal yang sulit
Di antara para atlit juara, pebisnis top dan sales champion terdapat
satu kesamaan yaitu mereka selalu mengerjakan yang sulit terlebih
dahulu. Kenapa? Karena mereka tahu yang membedakan antara orang yang
sukses dan orang yang biasa saja justru adalah di pekerjaan yang
sulit. Pekerjaan yang mudah mungkin bisa dikerjakan oleh semua orang,
tapi hanya orang yang punya semangat dan daya juanglah yang mau dan
mampu mengerjakan pekerjaan yang sulit.

Jadi tanyakanlah satu pertanyaan pada diri anda sendiri sekarang:
pekerjaan sulit apa yang selalu saya tunda tiap hari yang sebenarnya
bisa saya kerjakan sekarang?

5. Jangan membicarakan masalah agama, seks atau politik
Sebagai orang Timur, manusia Indonesia adalah orang yang santun dan
sensitif. Karena itu, penting sekali menjaga apa yang kita katakan
supaya kita tidak menyinggung perasaan rekan kerja, klien, atau
bahkan atasan kita.

Jika seorang klien ingin membicarakan ketiga topik panas tersebut,
biar mereka membicarakan dan secara diplomatik mengakui hal tersebut
tetapi tidak menyatakan setuju atau tidak terhadap segala sesuatu.
Satu kali saja anda salah berbicara mengenai topik agama, seks atau
politik, maka bisa saja hubungan yang telah anda bina selama bertahun-
tahun buyar karena satu perbedaan kecil. Hindarilah topik ini dan
anda akan menjadi orang yang diterima dimanapun anda pergi.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (3)

Subject: [sales-club] Tips Sales (3)
Date: Tuesday 06 July 2004 17:10
From: "paul_patty04"

Salam Sales

11. Berperan aktif pada rapat penjualan anda (Contribute to your
sales meeting) Setiap tim penjualan yang sukses memiliki rapat
mingguan untuk mereka tetap dapat mengikuti perkembangan pasar. Akan
tetapi banyak tenaga penjualan yang mengikuti rapat tersebut datang
dengan sikap mental hanya untuk menerima atau memperoleh hasilnya
saja.

Mulai saat ini, setiap anda datang atau mengikuti rapat penjualan,
katakan pada diri anda sendiri bahwa anda akan akan memberikan
kontribusi setidaknya satu poin yang dapat membantu seluruh tim untuk
mencapai target yang diinginkan.

12. Sapaan Mingguan Kepada Klien Anda
Satu panggilan telepon atau e-mail kepada klien anda yang lalu untuk
menunjukkan bahwa anda masih ingat, peduli dan memikirkan mereka.

Anda sendiri tahu bahwa anda masih peduli kepada klien lama anda
tersebut tetapi jika anda tidak menunjukkannya, bagaimana mereka akan
mengetahui bahwa anda masih ingat?

13. Rujukan dari Klien yang Puas adalah Kunci Perkembangan
Klien yang puas adalah sumber terbaik bisnis baru anda. Klien yang
puas mengetahui kemampuan dan kinerja anda dan mereka puas dengan
itu. Mereka pikir anda telah bekerja dengan sangat baik.

Oleh karena itu, tanyakan pada klien anda tersebut apakah mereka
memiliki kenalan atau rekan bisnis yang mungkin dapat menggunakan
jasa atau produk anda. Dan lihatlah usaha anda berkembang.

14. Ucapkan Terima Kasih
Terdengar sederhana tetapi banyak tenaga penjual yang lupa untuk
mengucapkannya. Satu ucapan terima kasih kepada klien setelah anda
menutup penjualan dapat mengangkat citra anda di mata mereka.

Kali lain anda berhasil menutup penjualan, jangan lupa untuk
mengirimkan tanda ucapan terima kasih. Dapat berupa surat resmi yang
diketik atau anda tulis sendiri atau bingkisan.

15. Setelah Saat Anda Berhasil Menutup Penjualan, Tutup Mulut Anda
Setelah berhasil memperoleh penjualan, tenaga penjual akan
menyombongkan keberhasilan mereka. Dan di tengah "presentasi"
keberhasilan tersebut, kadang mereka akan berkata bahwa mereka lebih
pintar dari si klien.

Tidak ada orang yang suka dibodohi atau berpikir bahwa mereka telah
membuat kesepakatan yang tidak menguntungkan. Apabila
cerita "kehebatan" anda tersebut sampai di telinga si klien tadi,
bersiap-siaplah untuk menerima pembatalan pesanan.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (2)

Subject: [sales-club] Tips Sales (2)
Date: Friday 02 July 2004 10:06
From: "paul_patty04"

Salam Sales

6. Hanya dengan menambah sekali lagi menelpon, semuanya dapat anda
raih. Terkadang yang membedakan kesuksesan dan hasil nihil adalah
sedikit tambahan usaha. Terkadang usaha yang menghasilkan kesuksesan
itu semudah sekali menelpon saja.

Sehingga bila kita berani satu kali saja menambah jatah telepon kita,
maka kita mempunyai tambahan satu kesempatan untuk mengemukakan ide
kita. Kita akan mempunyai satu kesempatan untuk mendapatkan yang kita
mau. Bila tambahan satu kali menelpon itu kita lakukan tiap hari,
dalam setahun kita akan punya 200 kesempatan untuk sukses.

Sehingga, secapek-capeknya anda pada akhir hari kerja yang
melelahkan, berusahalah untuk menelpon klien atau rekan kerja atau
boss anda sekali lagi.  Anda akan terkejut betapa cepat usaha
tersebut tergambar pada aktivitas anda.

7. Berlatihlah untuk presentasi "sales" anda Apapun posisi atau
jabatan anda, anda ikut bertanggung jawab atas kesuksesan perusahaan
anda. Dan bila perusahaan tempat kerja anda sukses, anda pun akan
semakin sukses karena gaji, fasilitas dan kesempatan karir yang
semakin berkembang.

Maka tidak ada salahnya bila kita senantiasa siap untuk
membantu "menjual" perusahaan kita ke orang lain, apakah orang itu
calon pegawai, calon investor, calon mitra bisnis, ataupun calon
pembeli. Ambillah peluang bisnis yang muncul dengan melakukan
presentasi sales, biarpun dalam kesempatan yang tak diduga-duga. 
Latihlah kemampuan anda dengan berlatih di depan orang-orang yang
anda percayai dan yang dapat sungguh-sungguh memberi masukan jujur
mengenai penampilan anda.  Hal ini akan membuat anda lebih percaya
diri ketika anda harus menjual kepada konsumen yang sesungguhnya.

8. Kendaraan anda adalah kantor anda di jalan Pastikan kendaraan anda
100 % bersih dari noda.  Hanya karena anda memarkirkannya sebelum
anda menemui klien anda, bukan berarti mereka tidak akan melihat
kendaraan anda ketika anda tiba atau pergi.

Jika kendaraan tersebut tidak dibersihkan, mereka akan tiba-tiba
berpikir, "kalau menjaga kendaraannya tetap bersih saja malas,
bagaimana dia akan memelihara antusiasme untuk melayani kami?"

9. Penampilan anda adalah cermin kepribadian anda Pernahkah anda
bertemu orang yang ketika pertama kali kita bertemu, memberikan kesan
yang buruk sekali. Jangan jadi orang itu. Penampilan adalah penting
karena bagaimanapun juga menilai kualitas barang memang paling mudah
adalah dengan melihat kualitas bungkusnya.

Maka jagalah penampilan anda. Sebelum meninggalkan rumah, jangan lupa
sekali lagi memeriksa penampilan anda di cermin. Penampilan yang baik
tidak perlu mahal, yang penting rapih, bersih dan sepadan. Dan jangan
lupa tambahkan penampilan itu dengan senyum.

10. Berlatihlah mendengarkan orang lain Bila anda bertanya apa skill
paling penting bagi seorang salesman, maka kebanyakan orang akan
mengatakan: "Pinter ngomong". Pandai bicara. Tapi saya mengatakan
bahwa skill yang paling penting bagi salesman justru pandai
mendengar. Good listener.

Mendengarkan orang lain bukanlah sesuatu yang mudah bagi kebanyakan
salesman, tapi berlatihlah maka anda akan bisa belajar. Ketika anda
makan malam di rumah, dengarkan apa yang dikatakan keluarga lain.
Batasi komentar anda, tunjukkan perhatian anda pada pendapat mereka.
Anda akan terkejut melihat bagaimana orang lain akan membuka diri
ketika anda mau mendengar dan mengurangi waktu bicara.

Salam Sales

Paul patty

Tips Sales (4)

Subject: [sales-club] Tips Sales (4)
Date: Wednesday 07 July 2004 08:17
From: "paul_patty04"

Salam Sales

16. Panggilan Telepon =  Pertemuan = Penjualan
Setiap industri memiliki fitur penjualan yang unik tetapi mereka
semua setuju pada persamaan di atas.

Apapun produk atau jasa yang anda jual, semuanya akan kembali pada
berapa banyak orang yang anda temui. Panggilan telepon akan
memberikan kesempatan bagi anda untuk menampilkan keunggulan produk
atau jasa yang anda jual. Dan dari berbagai kesempatan tersebut,
sekian persennya akan terterjemahkan menjadi penjualan.

Tugas anda saat ini adalah mencari tahu besaran persentase tersebut
di industri anda dan berusahalah untuk melampauinya.

17. Peka Pada Suasana Hati Klien Anda
Apa yang anda lakukan apabila klien anda dalam suasana hati yang
tidak baik dan cenderung agresif atau negatif?

Jika anda membalas perlakuan mereka, anda hanya akan memperkuat
suasana hati tersebut. Tetapi jika anda dapat berempati pada apa yang
mereka rasakan saat itu, mereka akan memandang anda sebagai sebuah
mercu suar di tengah kerasnya hari mereka.

18. Ketahuilah Waktu yang Tepat untuk Menjual
Beberapa tenaga penjual memiliki kecenderungan untuk ingin melakukan
kesuluruhan presentasi produk sebelum bertanya pada klien apakah
mereka ingin membeli.

Akan tetapi, kadang kala klien akan memberikan tanda bahwa mereka
telah tertarik pada produk atau jasa yang anda tawarkan bahkan
sebelum anda selesai mempresentasikan keunggulan produk atau jasa
tersebut.

Oleh karena itu, waspadalah terhadap tanda-tanda penjualan bahkan
walaupun anda baru saja memulai presentasi anda.

19. Dua Presentasi Extra per Hari
Mungkin tidak terdengar banyak tetapi dapatkah anda banyangkan apa
yang akan terjadi pada bisnis anda jika anda dapat menyisipkan 2
presentasi ekstra ke jadwal anda.

2 presentasi ekstra tersebut berarti 10 presentasi tambahan per
minggunya yang berarti 500 kesempatan tambahan per tahunnya untuk
memperbaiki usaha (bottom line) anda.

20. Rekam Target Penjualan Anda di Sebuah Kaset
Kebanyakan buku tentang motivasi diri dan penjualan tersedia dalam
bentuk kaset karena tenaga penjual dapat mendengarkannya di saat
mereka mengemudi.

Oleh karena itu, pernahkan anda berpikir untuk merekam target dan
tujuan anda sendiri di sebuah kaset? Di saat anda sedang dalam
perjalanan menuju janji anda untuk bertemu seorang klien, anda akan
mendengarkan program motivasi diri terbaik, ANDA!!

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (5)

Subject: [sales-club] Tips Sales (5)
Date: Thursday 08 July 2004 09:49
From: "paul_patty04"

Salam Sales

21. Kemampuan Menjual
Seberapa sukses penjualan anda tidak ditentukan oleh luasnya
pengetahuan anda tentang penjualan, tetapi ditentukan oleh sefokus
apa anda terhadap impian-impian dan tujuan anda.

Setelah mengidentifikasi tujuan anda yang berikutnya dan menentukan
tenggat waktu untuk mencapainya, anda akan mencari alat dan cara yang
akan mendekatkan anda pada pencapaian tujuan tersebut.

Jadi, memiliki impian adalah yang pertama lalu disusul kemampuan atau
teknik. Lakukanlah dengan urutan tersebut, bukan sebaliknya.

22. Segera Pecahkan Penurunan Penjualan
Kebanyakan tenaga penjual memposisikan diri mereka sebagai korban
apabila mereka tidak berhasil melakukan penjualan atau sedang
berjuang untuk menghasilkan lebih banyak penjualan. Sementara, tenaga
penjual ulung menyadari bahwa mereka tidak akan berhasil apabila
mereka menjatuhkan diri mereka sendiri, dari hari ke hari dan dari
satu penjualan ke penjualan lainnya, dengan tidak meyakini diri
mereka sendiri bahwa mereka bisa.

Tenaga penjual ulung tahu bahwa mereka dapat mengubah keadaan dengan
mengubah cara pandang terhadap diri mereka sendiri. 
Ingat: Kita semua harus tetap berjalan ke depan dan akan menjadi apa
tergantung pada apa yang kita pikirkan tentang diri kita sendiri.
Jadi apa yang anda pikirkan saat ini-SUKSES atau KEGAGALAN?

23. Ingat Keluarga Anda
Kita semua sebaiknya selalu ingat keluarga kita dan tidak hanya
karena kita sayang pada mereka. Keluarga anda adalah aset terbaik
pada saat anda sedang mengalami tekanan atau stress.

Kebanyakan tenaga penjual, yang saya tahu, dengan kinerja yang baik,
memiliki keluarga harmonis dan bahagia.

24.      Gunakan Bahasa yang Tepat
Salah satu hal yang paling menjengkelkan saat sedang berbelanja untuk
sebuah produk atau jasa adalah pada saat tenga penjualnya
membicarakan taktik dengan rekannya dalam bahasa asing.

Bahasa yang digunakan di Indonesia adalah bahasa Indonesia dan bahasa
inilah yang seharusnya digunakan setiap saat. Akan tetapi, jika klien
anda lebih memilih untuk berbicara dalam bahasa asing, dan kebetulan
anda juga fasih menggunakan bahasa tersebut, maka hal ini akan sangat
baik sekali dan memberikan nilai tambah tersendiri bagi anda.

25. Peringkat Tinggi
Di saat keadaan berjalan tidak terlalu baik dan kata hati anda selalu
mengatakan hal yang sama seperti: saya tidak suka pekerjaan ini atau
saya telah kehilangan keahlian saya. Telah tiba waktunya bagi anda
untuk memainkan lagu yang lain bagi diri anda sendiri.

Stasiun radio tahu bahwa apabila mereka selalu memainkan lagu yang
sama setiap saat, peringkat mereka akan jatuh. Hal yang sama juga
berlaku bagi diri anda. Bawakan sesuatu yang baru bagi diri anda
sendiri seperti: saya yakin bahwa saya bisa menutup penjualan ini.
Seiring dengan itu, saksikan catatan penjualan anda yang semakin
membaik.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (6)

Subject: [sales-club] Tips Sales (6)
Date: Friday 09 July 2004 09:07
From: "paul_patty04"

Salam Sales

26. Kadang kala, merelakan adalah jalan terbaik
Di saat catatan penjualan semakin baik dan membawa anda menuju
kategori pendapatan yang baru, anda mungkin akan menemukan semakin
sedikit orang atau teman yang dapat diajak bicara.

Jika hal ini terjadi dan anda mulai merasa stress karenanya, perlahan-
lahan relakanlah teman-teman anda tersebut dan sadari bahwa mereka
memiliki perjalanan hidup sendiri.

Banyak orang yang bergulat dengan hal ini mensabotase diri mereka
sendiri untuk memastikan bahwa pendapatan mereka tidak melampaui
tingkatan tertentu sehingga tidak mengancam hubungan mereka dengan
teman-teman mereka.

Beranilah dan yakinkan diri anda sendiri untuk melalui jalan
tersebut.

27. Tambahkan 10% Pada Target Penjualan Anda
Salah satu hal mengagumkan dari para tenaga penjual jempolan adalah
kesederhanaan rahasia sukses mereka.
Pada sebuah acara penganugerahan penghargaan untuk tenaga-tenaga
penjual terbaik, salah seorang peraih penghargaan mengatakan bahwa
dia tidaklah lebih baik dari rekan-rekannya yang lain. Satu hal yang
berbeda hanyalah bahwa setiap kali dia diberi target penjualan, dia
akan memberikan tambahan 10% terhadap target tersebut.

Di saat rekan-rekan kerjanya mulai santai karena mereka telah
mendekati target penjualan, si peraih penghargaan ini masih sibuk
menelepon dan menjual karena dia belum meraih target penjualannya.
Sangat sederhana.

28. Terapi Penjualan: Bagaimana Membeli Akan Membantu Anda Menjual
Kebanyakan orang mengenal istilah terapi eceran (retail therapy) yang
berarti jika anda ingin menyenangkan dan memanjakan diri anda
sendiri, berbelanjalah.

Pendekatan ini dapat memberikan efek positif pada penjualan anda,
jika anda cukup perhatian. Tenaga penjualan yang memperoleh
pendapatan hanya dari apa yang dapat mereka jual, akan mengajarkan
banyak hal sekaligus menghibur anda. Perhatikan bagaimana tenaga
penjual tersebut membaca suasana hati anda, jarak yang mereka
ciptakan dengan anda dan lebih dari semuanya, bagaimana mereka
menawarkan produknya kepada anda.

Itu yang saya sebut WIN-WIN.

29. Gunakan atau Anda Akan Kehilangan
Telah berapa kali anda keluar dari sebuah pertemuan dengan klien dan
berpikir: Wah, pertemuan tadi berjalan dengan sangat baik.

Di saat keadaan berjalan dengan baik, anda tentunya ingin
mengulanginya lagi dan lagi sehingga anda dapat memperoleh penjualan
yang lebih lagi. Maka, ingat-ingatlah dan jadikan hal-hal yang
membuat anda berhasil tersebut sebagai sebuah disiplin dan GUNAKAN.

Sebaliknya, singkirkan hal-hal yang tidak menguntungkan dan anda
pikir berkontribusi terhadap kegagalan anda. Temukan hal -hal tidak
menguntungkan tersebut dengan jujur sejujur-jujurnya pada diri anda
sendiri ketika anda gagal. Misalnya, ketika anda kehilangan peluang
penjualan, berbesar dirilah untuk mengakui bahwa mungkin ada sesuatu
yang salah dengan pendekatan anda. Biasanya satu perubahan kecil akan
membuat banyak perbedaan.

30. Ketahui Pesaing Anda
Di awal karir, saya selalu berpikir bahwa pesaing saya adalah
pembicara lain. Sekarang saya tahu bahwa hal ini tidaklah benar.
Pesaing saya adalah balapan go-kart, olahraga panjat tebing dan
kegiatan petualangan lainnya yang ditawarkan ke bisnis-bisnis saat
ini sebagai bagian dari program pelatihan. Pertanyaan yang sering
diajukan calon-calon klien saya adalah: Mengapa kami harus mengirim
orang-orang kami ke sebuah acara seminar di hotel dan mengurung
mereka dalam ruangan jika kami bisa mengirim mereka ke acara luar
ruangan yang fun dan hip?

Jawaban saya adalah dengan menunjukkan bahwa semua kegiatan luar
ruangan tersebut tidak memberikan alat yang dibutuhkan oleh tenaga
penjualan anda sehingga tidak akan memberikan perubahan yang
dibutuhkan. Segera setelah saya menyelesaikan kalimat saya
pembicaraan beralih ke berapa lama saya akan bicara dan topik apa
yang akan saya bawakan.

Dengan mengetahui bagaimana lingkungan kompetisi saya, saya dapat
menggunakan satu hal yang saya tahu akan melemahkan posisi pesaing
saya dan memastikan saya memperoleh bisnis tersebut.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (7)

Subject: [sales-club] Tips Sales (7)
Date: Monday 12 July 2004 15:18
From: "paul_patty04"

Salam Sales

31. Tenaga Penjual Jempolan Menjawab Pertanyaan dengan Pertanyaan
Ujaran ini dapat mengubah kinerja penjualan anda dan membantu anda
menuju tahap berikutnya dengan lebih cepat.

Sebagai contoh, jika ada seorang klien anda yang bertanya apakah anda
masih memiliki sebuah lemari pendingin dan jawaban anda
hanyalah, "Ya, saya masih memiliki stok" anda tidak akan beranjak
kemana-mana dengan jawaban seperti itu. 

Seorang tenaga penjual jempolan akan selalu menjawab sebuah
pertanyaan dengan pertanyaan. Dengan pertanyaan yang sama, jawaban
yang akan diberikan oleh seorang tenaga penjual jempolan
adalah: "Jika saya masih memiliki lemari pendingin yang anda inginkan
tersebut, apakah anda akan mengambilnya saat ini?" Jawaban yang akan
anda peroleh: "Iya". Dengan begitu anda semakin dekat dengan target
penjualan anda.

32. Pastikan Bahwa Anda Mendapatkan Nomor Handphone Mereka
Dalam iklim bisnis yang semakin kompetitif ini, tidaklah cukup hanya
dengan bertanya nomor kontak mereka. Selalu berusaha untuk dapat
memperoleh nomor handphone mereka. Dengan begitu jika tiba-tiba anda
harus mengubah waktu pertemuan, anda dapat langsung meninggalkan
pesan.

Juga, kebanyakan klien akan memenuhi janji mereka jika mereka tahu
bahwa anda memiliki nomor handphone mereka.

33. Surat bukan Kontrak
Mungkin terdengar tidak penting tetapi ingat: kata-kata menimbulkan
gambaran yang kemudian akan memancing emosi. Jika anda meminta
seseorang untuk menandatangani kontrak, hal pertama yang muncul di
benak mereka adalah ketakutan. Ketakutan bahwa mungkin ada sesuatu di
dalam kontrak tersebut dimana huruf-hurufnya dicetak kecil yang
mungkin akan terlewatkan oleh mereka dan karenanya akan "menjebak"
mereka.

Jadi, jangan kata menandatangani kontrak jika anda ingin membangun
penjualan anda, sebaliknya katakan  saja untuk menandatangani surat-
suratnya. 

34. Hati-Hati Dengan Pikiran Anda
Apa yang anda pikirkan saat ini akan menentukan sejauh apa kesuksesan
penjualan anda.

Jika anda memikirkan kemenangan dan kesuksesan, orang-orang di
sekitar anda akan mendeteksinya. Laiknya seekor anjing yang dapat
mengetahui apakah anda takut kepadanya atau tidak, manusia dapat
mengetahui apakah anda benar-benar menginginkan penjualan ini atau
tidak.

35. Tunjukkan Semangat Anda
Apakah anda menjual pakaian di sebuah toserba, ban di bengkel atau
menjadi pembawa acara sebuah acara kuis, semua orang akan merespon
terhadap semangat yang menyala-nyala.

Seberapa besar semangat yang anda tunjukkan kepada klien anda?

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (9)

Subject: [sales-club] Tips Sales (9)
Date: Thursday 15 July 2004 09:01
From: "paul_patty04"

Salam Sales

41. Manusia Membeli Dengan Emosi
Sangat jarang sekali orang bersikap rasional dan menggunakan kepala
mereka saat mereka sedang menimbang-nimbang keputusan untuk membeli
mobil baru atau rumah.

Kita semua dimotivasi oleh emosi dan tenaga penjual top mengetahui
bahwa jika mereka dapat melukiskan bagaimana sebuah rumah atau mobil
baru akan memberikan dampak tertentu pada diri sang calon pembeli,
mereka sudah setengah jalan menuju tercapainya transaksi penjualan.

Jual dressing-nya, bukan salad-nya.

42. Pastikan Target Anda Realistis
Kunci dari penetapan tujuan adalah memastikan bahwa tujuan anda
tinggi namun masih dalam jangkauan.

Dengan kata lain, diperlukan usaha ekstra untuk meraih tujuan anda
namun mereka masih dalam jangkauan sehingga anda tidak akan menyerah
walaupun anda mengalami kegagalan di langkah pertama. 

43. Apakah Klien Saingan Anda Puas?
Jika pesaing di industri anda tidak merawat klien mereka dengan baik,
kenapa tidak mencoba mencari tahu apakah klien tersebut ingin beralih?

Industri periklanan terkenal untuk hal-hal seperti ini. Mereka yang
bergerak di bidang ini mengetahui bahwa, seperti layaknya bisnis
hiburan, mereka hanya sebaik penampilan terakhir mereka atau dalam
hal ini, kampanye iklan.

Orang-orang periklanan selalu menjaga hubungan baik dengan eksekutif
senior dari perusahaan-perusahaan besar sehingga apabila perusahaan
iklan yang digunakan oleh para eksekutif senior tersebut
mengecewakan, perusahaan periklanan tersebut dapat segera meraih
kontrak dari para eksekutif senior tersebut.

Jika anda mengetahui bahwa seseorang di industri anda tidak bekerja
dengan baik, segera raih telepon anda dan tawarkan klien mereka
sebuah alternatif lain, ANDA.

44. Persiapan Mencegah Kinerja Buruk
Serial teve seperti "Friends" dan "Seinfeld" yang legendaris setiap
minggunya selalu melakukan sesi pembacaan skenario dengan seluruh
pemeran hadir, bahkan setelah sukses bertahun-tahun. Jika sebuah
dialog dirasakan tidak pas, produser dan penulis dapat segera merubah
atau mengganti dialog tersebut.

Tidak ada yang dapat menggantikan persiapan yang baik.

45. What Hurst, Instructs
Salah satu ungkapan favorit saya adalah: Apa yang menyakiti kita akan
mengarahkan kita.

Dimanakah terakhir kali anda merasa dikecewakan? Kunjungi kembali
tempat tersebut sekarang dan disiplinkan diri anda untuk melihat
pelajaran apakah yang telah anda raih dari pengalaman tersebut.

Biasanya, dalam waktu yang tidak terlalu lama dari kejadian tersebut,
saat anda melihat kembali anda akan dapat meraih beberapa pelajaran
berharga dari sana.

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (8)

Subject: [sales-club] Tips Sales (8)
Date: Wednesday 14 July 2004 09:03
From: "paul_patty04"

Salam Sales

36. Apakah Anda Tahu Tujuan Anda
Hal pertama yang harus anda ketahui saat anda duduk di belakang
kemudi mobil adalah tujuan anda.

Banyak tenaga penjual yang setiap hari "mengemudi" tanpa memiliki
tujuan jelas dimanakah mereka ingin berada dalam 6 bulan, satu tahun
atau lima tahun dari sekarang.

Penetapan tujuan akan memberikan fokus yang anda cari seperti
penentuan arah pergi anda akan memberikan fokus kepada sebuah
perjalanan.

Segera setelah anda memutuskan apa yang ingin anda raih, anda akan
segera melihat "tanda-tanda" yang akan memandu anda mencapai tujuan
tersebut dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

37. Balas e-mail yang Anda Terima Secepatnya
Setiap tenaga penjualan profesional akan selalu mencoba untuk
membalas setiap telepon klien sesegera mungkin, akan tetapi banyak
orang yang alpa dengan e-mail. Menurut anda, apakah e-mail sebaiknya
dibalas seperti surat biasa, dalam waktu satu atau dua hari?

Jika jawaban anda adalah iya, ingat bahwa orang lain di ujung sana
mengetahui bahwa hanya diperlukan beberapa menit saja untuk membalas
sebuah  e-mail. Dan jika mereka harus menunggu dua atau tiga hari
untuk menerima balasan e-mail mereka, anda akan memberi kesan bahwa
anda tidak peduli dengan mereka.

38. Ikuti Jejak Langkah Mereka yang Sukses
Apakah anda tahu siapa di industri anda yang memecahkan rekor
penjualan? Bagaimanakah mereka melakukannya? Telepon mereka dan tanya
bagaimana cara mereka melakukannya.

39. Kita Semua Memerlukan "Setrum Baru"
Seperti sebuah mobil yang memerlukan bahan bakar, oli, udara dan air
agar tetap dapat berjalan dengan baik, tenaga penjualan juga
memerlukan asupan "setrum" agar dapat mempertahankan kinerja mereka.

Jika anda alpa untuk memenuhi kebutuhan dasar yang telah membawa anda
ke posisi anda saat ini, anda akan kehabisan energi dan kehilangan
fokus. Dan biasanya anda akan mengalaminya di waktu yang tidak tepat,
tempat yang salah dan di saat anda sama sekali tidak menduganya.

Mengambil libur panjang, menghadiri seminar penjualan atau membaca
ulang buku penjualan favorit anda akan mengisi kembali tanki mobil
anda.

40. Hukum Kesalingtertarikan
Salah satu prinsip dasar umum di bidang self-help adalah bahwa kita
akan menarik orang, kejadian dan situasi untuk membantu perjalanan
kita. Hal baik, buruk dan jelek ditentukan oleh kita sendiri. Anda
menentukan hidup anda sendiri. Apa yang anda pikirkan akan menarik
sukses yang anda capai saat ini baik di rumah, kantor, keluarga dan
dengan pimpinan anda.

Hal lain adalah bagaimana kita dapat mengubah kejadian. Jangan
terlalu khawatir dengan bagaimana anda akan meraih tujuan anda.
Sebaiknya, fokuslah pada hal yang anda inginkan dan dengan itu, anda
akan menarik orang, kejadian dan situasi yang akan membantu anda
mencapai tujuan tersebut.

Seperti ungkapan lama: Bersamaan dengan anda merajut, anda akan
meraih hasilnya

Salam Sales

Paul Patty

Tips Sales (10)

Subject: [sales-club] Tips Sales (10)
Date: Friday 16 July 2004 08:38
From: "paul_patty04"

Salam Sales

46. Hanya Karena Mereka Mengatakan Tidak..........
Beberapa pesan perkenalan pembuka terbaik yang saya terima saat akan
memberikan seminar datang dari orang-orang yang awalnya menolak
menggunakan jasa saya. Hanya karena mereka tidak dapat menggunakan
jasa saya pada saat itu bukan berarti mereka tidak dapat
merekomendasikan saya pada teman atau rekan-rekan bisnis mereka.

Yang mengejutkan adalah bahwa di saat salah satu dari teman mereka
menghubungi mereka kembali untuk mengucapkan terima kasih karena
telah merekomendasikan saya, orang tersebut merasa bahwa dia harus
menggunakan saya setidaknya sekali. Hanya untuk menghilangkan rasa
penasaran mereka.

47. Feel Better, Sale Better
Dalam penjualan, kinerja anda berhubungan langsung (berbanding lurus)
dengan apa yang anda rasakan, baik atau buruk.

Jangan menunggu hingga anda merasa baik dan kemudian mengharapkan
penjualan akan naik dengan sendirinya. Sebaliknya, pro-aktiflah untuk
menaikkan mood anda dan rasakan bagaimana hal-hal kecil dalam hidup
tidak lagi meresahkan anda.

Jadi, apa yang sedang membuat anda merasa kesal saat ini?

48. Pastikan Bahwa Anda Menjual Anda
Hal pertama yang harus dibeli oleh seorang klien adalah: ANDA. Bahkan
sebelum mereka mempertimbangkan untuk membeli produk anda, mereka
harus terlebih dahulu menyukai anda.

Apakah semangat anda terlihat jelas di wajah anda atau anda berubah
menjadi orang lain ketika anda sedang melakukan penjualan? Jika
penjualan anda tidak seperti yang anda harapkan, mungkin ada satu
resep dasar yang tertinggal: ANDA.

49. Lepaskan Diri Anda Dari Cap/Label yang Telah Diberikan Kepada
Anda
Saat anda berjalan menempuh hidup ini, anda menyadari bahwa anda
sebenarnya dapat melakukan hal-hal yang orang lain katakan tidak
dapat anda lakukan. Salah satu cap yang saya terima adalah bahwa
karena saya tidak menyelesaikan SMU, saya tidak akan sukses. Well,
dengan 6 buku dan usaha yang berkembang saya menyadari bahwa itu
tidaklah benar.

Siapa yang telah memberi cap pada anda? Apa yang mereka katakan anda
tidak dapat lakukan? Telah tiba waktunya bagi anda untuk melepaskan
seluruh cap yang salah tersebut dan mulailah untuk memberi cap pada
diri anda sendiri.

50. Jika sedang di Roma.....
Ada sebuah ungkapan lama: Jika anda sedang berada di Roma, berlakulah
seperti orang Roma. Ungkapan tersebut sangatlah cocok apabila anda
mencoba masuk ke pasar yang didominasi oleh satu kelompok budaya
tertentu.

Jika bisnis anda berurusan dengan berbagai kelompok budaya yang
berbeda, cobalah untuk mempelajari sebanyak mungkin hal-hal yang
membuat mereka berdenyut atau bersemangat. Mereka akan memperhatikan
dan menghadiahi dengan penjualan. Sebagai contoh, anda dapat
mempelajari beberapa kata dari bahasa mereka. Bahkan walaupun
pengucapan anda kurang baik, mereka akan menghargai anda karena usaha
anda dan proses penjualan akan berjalan dengan lancar

Salam Sales

Paul Patty