Tuesday, November 12, 2019

Batere vs ongrid

Batere vs ongrid

Ketika pln menerapkan tarif exim non simetrik, serentak bercita cita offgrid

Tarif exim ini berbeda 0.65, jika tarif pln 1500 rupiah pwr kwh, listrik kita cuman dihargai 0.65 dari 1500, yaitu 975.
Sebenarnya batere menambah komponen biaya dari plts, jika ingin menjadi offgrid maka komponen batere ini harus bisa mengimbangi biaya antara 1500 ke 975, sebesar 525 rupiah perkwh, anggap kita sewa batere ke pln

Untuk menghitung batere, kita coba saja angka dibawah ini
Besar batere 1kwh (hitung sendiri volt & ampere)
Cycle dengan dod 80% 5000 kali
Harga batere per kwh 5 juta rupiah
Batere 1 kwh dod 80% bisa dipakai 800 watt hour
Total energi yang disimpan di batere adalah 800wh x 5000 cycle = 4 000 000 wh, = 4000 kwh
Harga listrik penyimpanan menjadi 5 juta rupiah / 4000 = 1250 rupiah per kwh

Jika mau batere berumur sama dengan pv nya yaitu 25 tahun, dan dengan cycle 1 hari 1 cycle, cari batere yang mempunyai umur 10 ribu cycle saja,

365 hari pertahun x 25 tahun, sekitar 10.000 hari saja

Sekarang hitungan dibalik,
Harga perkwh 525, cycle 10000 untuk 25 tahun, harga modal adalah, 10000 x 525 =

Rp. 5250000 per kwh, dengan cycle 10.000

Sehubungan sampai hari ini belum bertemu batere yang mempunyai cycle 10.000 dengan harga perkwh adalah 5.25 juta rupiah, sebaiknya pasrah saja memakai ongrid untuk yang masih punya akses ke pln, gunakan batere seperlunya hanya untuk backup, fungsi ups

Monday, November 11, 2019

Percepatan Penetrasi Kendaraan Listrik

Percepaan Penetrasi Kendaraan listrik sebiaknya tidak di lihat dari 1 arah saja, banyak hal bisa dikombinasi untuk dapat mempercepat penetrasi kendaraan listrik ini.

Focus di saya sebenernya percepatan kendaraan listrik roda dua, dengan alasan sebagai berikut
  • 80% kendaraan bermotor adalah roda 2 bermesin bensin, dengan jumlah lebih dari 100 juta sepeda motor
  • Membutuhkan bensin tidak bisa bahan bakar lain, dibutuhkan distribusi bensin ke semua daerah
  • Harga kendaraan sepeda motor secara umum dikisaran 15 juta rupiah, atau range 11 sampai 19.9 juta rupiah, angka yang terjangkau oleh kebanyakan penduduk, dibandingkan mobil yang harganya secara umum melewati 100 juta rupiah
  • Roda 2 motor, tidak dilengkapi dengan kontrol emisi, dan masih banyak yang karburator sehingga emisi yang dihasilkan persepeda motor cukup tinggi

https://today.line.me/id/pc/article/Komparasi+Hasil+Uji+Emisi+Sepeda+Motor+dan+Mobil+Hasilnya+Beda+Jauh-1OMO82

Jumlah kendaraan bermotor yang beredar
https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133

Dari beberapa alasan tersebut maka percepatan penetrasi kendaraan listrik bisa dengan beberapa cara
  • Pajak kendaraan listrik yang meliputi pajak kendaraan mewah, ppn, pajak tahunan, ada insentif khusus untuk kendaraan listrik, sehingga harga menjadi terjangkau, bersaing dengan kendaraan bensin
  • Fasilitas khusus kendaraan listrik termasuk di perundangan, bebas ganjil genap, free parking di lokasi dengan fasiltas charging, parkir khusus kendaraan listrik, free valet untuk kendaraan listrik
  • Uji type untuk kendaraan baru listrik yang dipermudah dan mudah juga mendapatkan plat nomor kendaraan listrik
  • Area pembatasan motor bensin, ini sangat efektif meningkatkan jumlah kendaraan listrik karena perkecualian
  • Dipermudah investasi dalam negeri, dengan persyaratan alih teknologi yang intensif mempercepat keahlian kendaraan listrik dalam negeri
  • Pemisahan penjualan kendaraan listrik antara kendaraannnya dan batere, sehingga kendaraan listrik bisa turun harga cukup dratis karena dikeluarkannya komponen batere
  • Batere bisa dibeli terpisah dari motor listrik atau batere sewa jika sudah ada investor untuk batere sewa
  • Mengedukasi user, untuk menerima kondisi kendaraan listrik seperti sekarang ini, dalam artian top speed dan kekuatan motor torsi dll, sehingga tidak membandingkan selalu dengan kendaraan bensin, top speed, yang cuman 50 kpj sampai 60 kpj,
  • Untuk kendaraan bensin yang di konversi ke kendaraan listrik, dan kendaraan listrik custom, diwajibkan untuk test kendaraan tetapi tidak harus uji type, dan jika lolos test kendaraan berhak mendapatkan plat nomor & surat surat kendaraan
  • Pemutihan syarat administrasi terhadap kendaraan bermotor yang sudah beredar dengan syarat harus lolos test kendaraan sebelumnya
  • Test kendaraan bebas biaya
  • Merangsang industri menengah dan kecil untuk perakitan kendraan listrik, dengan pembesasan syarat lisensi bentuk kendaraan yang menyerupai kendaraan bensin
3 bagian terkait kendaraan listrik yaitu, pemerintah, produsen, pengguna, diharapkan dapat saling menunjang sehingga didapat percepatan penetrasi kendaraan listrik

Benefit memakai kendaraan listrik, saya pikir sudah dibahas banyak dan tidak disertakan di disini

Salam sehat