Tuesday, June 11, 2019

Project E-Vespa

Tahun 2017 sekitar November nekat beli mini-on, wuah, enjoy banget pakai mini-on

Di bulan april ada penawaran Viar Q1, ambil deh, wow, impresive untuk kendaraan dengan power 800 watt, beda banget, performa sangat enak, top speed 60kpj, cukup cepat, jarak tempuh yang memadai

Dikarenakan merasa sangat enak dengan Viar Q1, entah bagimana ceritanya, kemudian timbul ide untuk membuat Vespa Listrik

Awal Mulanya cari body vespa tanpa mesin

Kemudian hunting mesin listrik, ketika berbincang dengan adhi siswanto dari petrikbike, ditawari motor listrik hub baru, 1000 watt, dan kemudian karena tidak mau beli batre lagi, maka vespa ini pakai batere dari Viar Q1

Akhirnya diputuskan untuk memakai perangkat dari Petrik Bike yang meliputi, Hub Motor, Controler 60V 50A, Thorttle, dan custom Arm, Custom Arm ikerjakan khusus disesuaikan dengan body vespa, yang pesan sebelumnya, tidak merubah body vespa, dan sesuai dengan foto foto dibawah ini

Motor Listrik Dalam Negeri

Kendaraan Listrik adalah kendaraan masa depan, dimana memakai energi listrik sebagai penggerak kendaraan. Dengan keunggulan yang ada maka diprediksi kendaraan listrik ini sebagai pegannti kendaraan bermotor di masa depan. Kendaraan listrik tidak beremisi, menjadi point penting untuk perkembangan kendaraan listrik

Bagaimanakah kesiapan industri kendaraan listrik di Indonesia

Sebelum memulai sebaiknya kita uraikan dulu perbedaaan kendaraan listrik dan kendaraan bahan bakar

Perbedaan terbesar hanya 2 hal, mesin dan penyimpanan energi, dalam hal ini, Motor Bensin dan tangki bensin, dan motor listrik dan battery

Selain Mesin dan storage, hampir semua memakai komponen yang sama persis.
Industri motor indonesia menjual lebih dari 5 juta motor pertahun, dengan tingkat kandungan lokal sampai 90%, jika pertahun 5 juta penjualan. Sebagai catatan peredaran sepeda motor di indonesia 100 juta unit, penjualan terbesar selama 3 tahun adalah honda beat

https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133

https://paryadi.com/2018/01/16/jumlah-kendaraan-2018/

Diperkirakan sepeda motor berjumlah 100 juta

https://otomotif.kompas.com/read/2018/02/23/162722315/januari-2018-honda-beat-masih-raja-motor-di-indonesia

https://www.liputan6.com/otomotif/read/3221712/tak-terkalahkan-honda-beat-tetap-jadi-primadona-di-indonesia



Komponen motor listrik
Hub Drive Motor
Controler
Thortle

Supporting:
Arm. lengan ayun
Brake system
Indikator (batere level/voltage)

Modifikasi tangki bahan bakar dan bagasi, untuk tempat batere

Spesifikasi motor listrik yang sesuai
Daya angkut 150 kg max
Jalan relatif landai
Kecepatan max 60 kpj

Kebutuhan motor listrik
800 watt max 2000 watt
battery 48v20ah

Sedangkan untuk motor listrik sendiri, yang banyak beredar adalah dengan Hub Motor, Hub motor menjadi umum untuk diaplikasikan pada motor yang banyak beredar. Sebenarnya Viar Q1 yang memakai motor Bosc, cukup populer disini, hanya saja bosch tidak menjual konvertion kit kepada umum, sehingga masyarakat penggiat motor listrik memakai after market china, yang paling populer adalah QS-motor, dan kemuadia Yuma Motor

Dengan penjualan terbesar adalah honda beat, dan motor listrik adalah viar q1, jika dipadukan konsep tersebut maka yang terbik adalah membuat konvertion kit, dari honda beat.
Konvertion kit memakai spek yang telah disebutkan diatas.

Jika akan menjadi industri, sebaiknya membuat rangka yang kompatibel dengan honda beat, karena rangka honda beat, yang ada nomor sasisnya tidak akan diperjual belikan secara bebas, tetapi pernik dan parts lain tetap bisa dibeli dengan bebas di pasaran part

Part Berikutnya yang bisa membuat lebih berkembang adalah system batere swap.

Batere swap akan menjadi artike tersendiri

Artikel ini akan diperbarui sesuai perkembangan yang ada