Wednesday, January 06, 2021

Konversi motor listrik, dilema dalam regulasi

Di era sekarang ini, kendaraan listrik menjadi populer dan harga menjadi kompetitif dan sekarang pun sudah tersedia batere swap


Dengan adanya produsen batere swap ini, satu hambatan utama berhasil diatasi yaitu harga batere yang mahal dan ada umurnnya

Selanjutnya adalah mengejar jumlah kendaraan listrik semakin banyak dan banyak

Salah satu percepatan kendaraan listrik adalah konversi kendaraan bensin ke kendaraan listrik, dengan konsentrasi di sepeda motor

Konversi sebenarnya relatif sederhana dan bisa dilakukan dengan cepat, tetapi ada beberapa regulasi yang di keluarkan, yang ibaratnya bermata dua

1 sisi regulasi ini melindungi penggunna terhadap keselamatan kendaraan bermotor

Satu sisi lagi, regulasi ini menghambat dalam kreatifitas membangun kendarAn listrik


Batere swap, sudah keluar

Batere swap akhirny launching juga, tulisan ini di buat setelah beberapa waktu sebelumnya sudah keluar tentang batere swap dengan gambar di esdm

Ternyata langsung 3 vendor
 
Oyika (http://oyika.com/)
Ezyfast (https://ezy-fast.com/)
Kymco 
Untuk kymco, belum di dapat hal secara spesifik, hanya berdasarkan berita yang beredar
https://uzone.id/grab-duluan-pakai-motor-listrik-yang-bisa-tukar-baterai-seperti-tabung-gas

Kymco akan menggunakan kymco lite, dan batere swap belum di peroleh keterang lebih mendetail
Sedangkan untuk ezyfast & oyika, sudah ada beberapa berita yang terkait seperti hal tersebut, dan juga sudah ada foto foto untuk gerai di lafamart / indomart, kedepan mungkin akan ada detailnya.

Keluarnya batere swap ini akan memberikan kemudahan dalam berkendara ke depan, Tidak perlu lagi menunggu charging batere yang memakan waktu cukup lama, cukup tukarkan batere kosong dengan batere baru. Mudah mudahan jaringan batere swap akan cepat lebih luas lagi terselenggara



Sebelumnya sudah ada ECGO yang dengan batere sewa. Batere sewa ini dipersiapkan untuk nantinya menjadi batere swap, tetapi entah bagaimana, ecgo sekarang menjual motor dengan batere. Mudah mudahan kedepan tetap dengan batere swap.

Skema dari batere swap, adalah membayar setiap di lakukan swap dengan aplikasi. Dari aplikasi ini juga akan diketahui kapasitas batere, jarak yang di tempuh dll informasi yang di perlukan.

Dengan keluarnya batere swap maka akan terjadi perubahan di harga kendaraan listrik
Harapannya adalah penjualan motor listrik harga tidak termasuk batere, dan batere bisa dibeli terpisah atau sewa batere, jadi di faktur pajaknya, harga yang tercantum adalah harga motor tanpa batere.

Disamping berefek kepada kemudahan dari motor listrik akan mudah menempuh perjalanan jauh dan tidak terhambat dengan waktu charging yang lama untuk masa sekaramg ini

Perubahan tidak akan tiba tiba, tetapi sudah ada yang memulai, itu yang membuat optimis perkembangan ke depan, PR masih banyak, hambatan nggak sedikit, tapi akan teratasi