Setelah mempelajari Peraturan Menteri 65 tahun 2020, beberapa usulan yang diajukan
Definisi konversi
· penggerak motor bakar menjadi sepeda motor listrik berbasis baterai;
· definisi ini tidak meliputi perubahan yang lainnya seperti merubah struktur rangka, suspensi depan dll
Perangkat yang di buat lebih sederhana (Pasal 3 ayat 1)
- · Baterai
- · Controller
- · Motor Listrik
- · Perangkat pengaman
- · Perangkat pendukung lain
Persyaratan kompetensi, mesin listrik ke kendaraan bensin, kompetesiini akan dibicarkan selanjutnya, untuk bisa didfatarkan ke bsn, yang meliputi
- · Pengenalan kendaraan listrik,
- · Part basic kendaraan listrik
- · Kontroler bentuk dasar
- · Motor listrik berbentuk hub bldc
- · Merangkai rangkaian listrik motor listrik
Untuk konversi atau perakitan ini, tidak boleh merangkai batere sendiri, karena resiko yang cukup besar, batere bisa didapat dari
- · Perakit batere yang terserifikasi (belum di konfirmasi mengenai kompentensi perakit batere)
- · Membeli batere pack sesuai ketentuan
- · Sewa batere kepada provider batere swap
Daya motor listrik yang diperboehkan sebaiknya di buat lebih sederhana, karena kendaraan bensin dengan 110cc, menghasilkan power sebesar 6kw (8.2HP), sehingga di usulkan batas untuk semua type adalah 5kw motor listrik, mempertimbangkan nilai ini masih lebih kecil daripada tenaga mesin 110cc
Instasi sebaiknya tidak mengganti kabel kabel, karena paket kontroler, motor listrk, sudah tersedia lengkap dengan kabelnya dan warna yang sudah sesuai untuk instalasi
Pembagian klarifikai untuk motor listrik sebaiknya di buat
lebih sederhana, yaitu 2kw bldc hub, dan lebih dari 2 kw bldc hub dan bukan
bldc hub, 2kw setara sekitar 3 tenaga kuda, sedangkan 4 kw, berkisar 5.5 tenaga
kuda, dimana mesin ber cc 110 mempunyai sekitar 7 horse power, sehingga 110 cc
pun jauh lebih tinggi daripada 4000 watt motor listrik
Karena konversi motor listrik banyak macamnya dan bukan
hanya bldc hub, sehingga diakomodir oleh ketentuan di luar bldc hub
Di luar hal yang ditentukan diatas, dimaksukkan kedalam kondisi
custom,
Konversi dipersempit kepada pengubahan dengan hanya mengganti dengan bldc motor dan arm untuk beldc motor, modif kecil untuk penempatan batere dan kontroler, tanpa mengubah bentuk asli secara banyak
Bengkel konversi hanya melakukan pencopotan dan perakitan komponen motor listrik, sehingga keahlian/kompetensi lebih rendah daripada yang disebutkan di peraturan menter ini
Hal tersebut di maksud untuk mempercepat penetrasi motor
listrik lebih luas
Jika ada yang akan menyediakan kit konversi, harus spesifik untuk kendaraan yang dimaksud, dan jika diperlukan kit tersebut dilakukan pengujian terhadap sample, kit tersbut motor listriknya harus terdaftar, sehingga bisa di registrasi terhadap serial number motor listriknya
Untuk konversi kendaraan yang tidak teregistrasi, wajib ada nomor rangka (VIN) dan maksimum konversi adalah 1000 watt dangan batere nominal voltage 48 volt, dan dilakukan peraturan yang irip kendaraan kurang dari 50cc, untuk informasi kendaraan 50cc menghasilkan tenaga sekitar .3.2Kw, 5Hp