Sunday, January 24, 2021

Permen menteri 65, sebaiknya disederhanakan

 

Setelah mempelajari Peraturan Menteri 65 tahun 2020, beberapa  usulan yang diajukan

Definisi konversi

·        penggerak motor bakar menjadi sepeda motor listrik berbasis baterai;

·        definisi ini tidak meliputi perubahan yang lainnya seperti merubah struktur rangka, suspensi depan dll

 

Perangkat yang di buat lebih sederhana (Pasal 3 ayat 1)

  • ·        Baterai
  • ·        Controller
  • ·        Motor Listrik
  • ·        Perangkat pengaman
  • ·        Perangkat pendukung lain

 

Persyaratan kompetensi, mesin listrik ke kendaraan bensin, kompetesiini akan dibicarkan selanjutnya, untuk bisa didfatarkan ke bsn, yang meliputi

  • ·        Pengenalan kendaraan listrik,
  • ·        Part basic kendaraan listrik
  • ·        Kontroler bentuk dasar
  • ·        Motor listrik berbentuk hub bldc
  • ·        Merangkai rangkaian listrik motor listrik

Untuk konversi atau perakitan ini, tidak boleh merangkai batere sendiri, karena resiko yang cukup besar, batere bisa didapat dari

  • ·        Perakit batere yang terserifikasi (belum di konfirmasi mengenai kompentensi perakit batere)
  • ·        Membeli batere pack sesuai ketentuan
  • ·        Sewa batere kepada provider batere swap

 

Daya motor listrik yang diperboehkan sebaiknya di buat lebih sederhana, karena kendaraan bensin dengan 110cc, menghasilkan power sebesar 6kw (8.2HP), sehingga di usulkan batas untuk semua type adalah 5kw motor listrik, mempertimbangkan nilai ini masih lebih kecil daripada tenaga mesin 110cc

 

Instasi sebaiknya tidak mengganti kabel kabel, karena paket kontroler, motor listrk, sudah tersedia lengkap dengan kabelnya dan warna yang sudah sesuai untuk instalasi


Pembagian klarifikai untuk motor listrik sebaiknya di buat lebih sederhana, yaitu 2kw bldc hub, dan lebih dari 2 kw bldc hub dan bukan bldc hub, 2kw setara sekitar 3 tenaga kuda, sedangkan 4 kw, berkisar 5.5 tenaga kuda, dimana mesin ber cc 110 mempunyai sekitar 7 horse power, sehingga 110 cc pun jauh lebih tinggi daripada 4000 watt motor listrik

Karena konversi motor listrik banyak macamnya dan bukan hanya bldc hub, sehingga diakomodir oleh ketentuan di luar bldc hub

Di luar hal yang ditentukan diatas, dimaksukkan kedalam kondisi custom,

Konversi dipersempit kepada pengubahan dengan hanya mengganti dengan bldc motor dan arm untuk beldc motor, modif kecil untuk penempatan batere dan kontroler, tanpa mengubah bentuk asli secara banyak

Bengkel konversi hanya melakukan pencopotan dan perakitan komponen motor listrik, sehingga keahlian/kompetensi lebih rendah daripada yang disebutkan di peraturan menter ini

Hal tersebut di maksud untuk mempercepat penetrasi motor listrik lebih luas

Jika ada yang akan menyediakan kit konversi, harus spesifik untuk kendaraan yang dimaksud, dan jika diperlukan kit tersebut dilakukan pengujian terhadap sample, kit tersbut motor listriknya harus terdaftar, sehingga bisa di registrasi terhadap serial number motor listriknya

Untuk konversi kendaraan yang tidak teregistrasi, wajib ada nomor rangka (VIN) dan maksimum konversi adalah 1000 watt dangan batere nominal voltage 48 volt, dan dilakukan peraturan yang irip kendaraan kurang dari 50cc, untuk informasi kendaraan 50cc menghasilkan tenaga sekitar .3.2Kw, 5Hp

Ketika Jepang enggan ke EV

 Ini saya coba memahami perfektif kendaraan bensin dari sudut pandang mereka, dan kenapa mereka enggan pindah ke kendaraan listrik (EV)

Dengan juga menyebutkan merek motor mayoritas yang beredar yaitu Honda dan Yamaha, merek lain bukan prioritas karena penjualan tahunan juga tidak sebanyak dua merek ini.

Yamaha dan Honda sudah mulai masuk ke Indonesia, mungkin sejak tahun 60-an, maaf belum baca ulang sejarah mereka ke Indonesia

Apa yang telah mereka lakukan, adalah melakukan penjualan dengan persiapan after market, tranning juga di lakukan untuk menenuhi kebutuhan perawatan kendaraan di worshop. 

Kebetulan juga pemerintah melakukan perbaikan infra struktur untuk motr, yang meliputi pembangunan jala, dan SPBU yang merata tersebar

Bengkel resmi motor, di bangun dengan cukup masive dan ada dimana, mana, dengan ancaman garansi hangus jika tidak di bengkel resmi, maka bengkel tersebut juga sebagai terusan dari perawatan kendaraan dan juga tersedianya part part mreka di bengkel tersebut. Sperti yang kita ketahui untuk perawatan rutin ICE ini, meliputi penggantian olie yang harus teratur agar mesin awet, juga termasuk setel setel dari mesin tersebut

Part sepeda motor juga di sebar ke seluruh indonesia, sehingga jika mesin ada masalah akan mudah diperbaiki

Selain Part, baik sekolah maupun lembaga trainning, tersedia pembelajaran untuk mesin motor, yang meliputi perbaikan dan turun mesin. banyak juga yang otodidak membongkar motor dan perabiki sendiri dan menjadi bengkel amatir, tersebar sampai pelosok terpencil

Motor konversi ke EV

 Konversi EV bisa mempercepat peralihan dari motor bensin ke motor listrik.

 https://jdih.esdm.go.id/storage/document/Perpres%20Nomor%2055%20Tahun%202019.pdf

 

Karena menyangkut konversi seharusnya konversi ini menjadi

  • Sederhana, bisa dilakukan oleh teknisi tingkat menengah
  • Tidak merubah struktur kendaraan secara drastis
  • Bagian yang relatif berbahaya tidak boleh di kerjakan sendiri, bisa memakai ahlinya
  • Tidak didominasi oleh pihak tertentu


Dengan hal tersebut maka diususlkan untuk konversi di buat lebih sederhana dan dapat di lakukan oleh bengkel kecil atau menengah dengan syarat syarat tertentu, dan perubahan dengan level lebih lanjut di kerjakan oleh bengkel level custom, bengkel custom ini juga merefer kepada bengkel bengkel custom untuk kendaraan bermotor biasa.

Dengan model ini ada beberapa hal yang menjadi sedikit tidak relevan dengan peraturan tentang konversi kendaraan listri ini.

http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2020/PM_65_TAHUN_2020.pdf

Konversi ini harus sederhana, bisa dilakukan oleh teknisi dengan skill level pemula, memenuhi kriteria keamanan, baik itu terhadap motor itu sendiri dan keamanan berkendara.

kendaraan bermotor yang akan di konversi, tidak boleh ada perubahan pada rangka asli kendaraan.

Untuk kriteria keamanan, perakitan batere tidak di perkenankan , harus di rakit oleh yang berkompetensi perakitan batere, atau beli batere pack yang sudah jadi, atau sewa batere.
Untuk sekarang ini ada sewa batere semacam oyika.com dan ezy-fast.com, atau bisa juga memakai batere pack yang mungkin dikelaurkan oleh perakit batere bersertifikat
http://oyika.com/
https://ezy-fast.com/

 







 

Sedang untuk kemudahan, maka konversi dilakukan dengan memakai kit yang sudah jadi dengan kriteria secara spesifik motor yang akan di konversi, kit tersebut harus bolt-on ke kendaraan yang akan di konversi

kit electric cub shangai custom





kit konversi yang juga boleh dilakukan adalah dengan kit konversi yang posisinya mengantikan posisi mesin standard


 

 

diluar itu maka konversi hanya diperbolehkan oleh bengkel yang levelnya lebih tinggi yaitu bengkel custom

Untuk kompetensi yang melakukan perubahan, adalah kompetensi perakitan kit konversi, dimana harus menguasai basic motor listrik dan merangkai motor listrik.

untuk bengkel lebih lanjut, akan dibedakan lagi kompetensi nya, yang kemungkinan akan meliputi, basic motor listrik, motor listrik lanjutan, perakitan batere, perawatan motor, kelistrikan umum

Konversi harus menjadi mudah dan sederhana dan bisa diterapkan di banyak tempat. Kompetensi yang di uji sebaiknya juga khusus perakitan konversi motor listrik, yang meliputi dasar motor listrik dan merakit kit motor listrik.

Komponen batere tidak termasuk disini, hanya memasangkan saja, komponen batere bisa di dapat dari swap batere dan dari perakit batere bersertifikasi. Alasannya batere adalah titik yang berbahaya di perlukan keahlian khusus agar menajdi aman ketika pakai.

kit motor listrik ini sebaiknya terbatas, dan sudah dirangkai semua part, sehingga tidak diperlukan keahlian yang tinggi untuk mengerjakan perakitan tersebut.

dengan lebih sederhanannya tingkat keahlian yang di butuhkan di harapkan konversi kendaraan menjadi listrik bisa di lakukan lebih meluas,


https://www.gridoto.com/read/222518059/haruskah-indonesia-berkomitmen-sepenuhnya-di-kendaraan-listrik-dan-elektrifikasi-begini-komentar-gaikindo

https://kumparan.com/kumparanoto/yamaha-indonesia-tak-rekomendasi-konversi-motor-bensin-ke-listrik-di-level-diler-1t0IPznLyEy/full