Friday, March 20, 2009

Fwd: Tips Sales (3)

--- In sales-club@yahoogroups.com, "paul_patty04" <paul_patty04@...> wrote:

Salam Sales

11. Berperan aktif pada rapat penjualan anda (Contribute to your
sales meeting) Setiap tim penjualan yang sukses memiliki rapat
mingguan untuk mereka tetap dapat mengikuti perkembangan pasar. Akan
tetapi banyak tenaga penjualan yang mengikuti rapat tersebut datang
dengan sikap mental hanya untuk menerima atau memperoleh hasilnya
saja.

Mulai saat ini, setiap anda datang atau mengikuti rapat penjualan,
katakan pada diri anda sendiri bahwa anda akan akan memberikan
kontribusi setidaknya satu poin yang dapat membantu seluruh tim untuk
mencapai target yang diinginkan.

12. Sapaan Mingguan Kepada Klien Anda
Satu panggilan telepon atau e-mail kepada klien anda yang lalu untuk
menunjukkan bahwa anda masih ingat, peduli dan memikirkan mereka.

Anda sendiri tahu bahwa anda masih peduli kepada klien lama anda
tersebut tetapi jika anda tidak menunjukkannya, bagaimana mereka akan
mengetahui bahwa anda masih ingat?

13. Rujukan dari Klien yang Puas adalah Kunci Perkembangan
Klien yang puas adalah sumber terbaik bisnis baru anda. Klien yang
puas mengetahui kemampuan dan kinerja anda dan mereka puas dengan
itu. Mereka pikir anda telah bekerja dengan sangat baik.

Oleh karena itu, tanyakan pada klien anda tersebut apakah mereka
memiliki kenalan atau rekan bisnis yang mungkin dapat menggunakan
jasa atau produk anda. Dan lihatlah usaha anda berkembang.

14. Ucapkan Terima Kasih
Terdengar sederhana tetapi banyak tenaga penjual yang lupa untuk
mengucapkannya. Satu ucapan terima kasih kepada klien setelah anda
menutup penjualan dapat mengangkat citra anda di mata mereka.

Kali lain anda berhasil menutup penjualan, jangan lupa untuk
mengirimkan tanda ucapan terima kasih. Dapat berupa surat resmi yang
diketik atau anda tulis sendiri atau bingkisan.

15. Setelah Saat Anda Berhasil Menutup Penjualan, Tutup Mulut Anda
Setelah berhasil memperoleh penjualan, tenaga penjual akan
menyombongkan keberhasilan mereka. Dan di tengah "presentasi"
keberhasilan tersebut, kadang mereka akan berkata bahwa mereka lebih
pintar dari si klien.

Tidak ada orang yang suka dibodohi atau berpikir bahwa mereka telah
membuat kesepakatan yang tidak menguntungkan. Apabila
cerita "kehebatan" anda tersebut sampai di telinga si klien tadi,
bersiap-siaplah untuk menerima pembatalan pesanan.

Salam Sales

Paul Patty

--- End forwarded message ---

Fwd: Tips Sales (2)

--- In sales-club@yahoogroups.com, "paul_patty04" <paul_patty04@...> wrote:

Salam Sales


6. Hanya dengan menambah sekali lagi menelpon, semuanya dapat anda
raih. Terkadang yang membedakan kesuksesan dan hasil nihil adalah
sedikit tambahan usaha. Terkadang usaha yang menghasilkan kesuksesan
itu semudah sekali menelpon saja.

Sehingga bila kita berani satu kali saja menambah jatah telepon kita,
maka kita mempunyai tambahan satu kesempatan untuk mengemukakan ide
kita. Kita akan mempunyai satu kesempatan untuk mendapatkan yang kita
mau. Bila tambahan satu kali menelpon itu kita lakukan tiap hari,
dalam setahun kita akan punya 200 kesempatan untuk sukses.

Sehingga, secapek-capeknya anda pada akhir hari kerja yang
melelahkan, berusahalah untuk menelpon klien atau rekan kerja atau
boss anda sekali lagi. Anda akan terkejut betapa cepat usaha
tersebut tergambar pada aktivitas anda.

7. Berlatihlah untuk presentasi "sales" anda Apapun posisi atau
jabatan anda, anda ikut bertanggung jawab atas kesuksesan perusahaan
anda. Dan bila perusahaan tempat kerja anda sukses, anda pun akan
semakin sukses karena gaji, fasilitas dan kesempatan karir yang
semakin berkembang.

Maka tidak ada salahnya bila kita senantiasa siap untuk
membantu "menjual" perusahaan kita ke orang lain, apakah orang itu
calon pegawai, calon investor, calon mitra bisnis, ataupun calon
pembeli. Ambillah peluang bisnis yang muncul dengan melakukan
presentasi sales, biarpun dalam kesempatan yang tak diduga-duga.
Latihlah kemampuan anda dengan berlatih di depan orang-orang yang
anda percayai dan yang dapat sungguh-sungguh memberi masukan jujur
mengenai penampilan anda. Hal ini akan membuat anda lebih percaya
diri ketika anda harus menjual kepada konsumen yang sesungguhnya.

8. Kendaraan anda adalah kantor anda di jalan Pastikan kendaraan anda
100 % bersih dari noda. Hanya karena anda memarkirkannya sebelum
anda menemui klien anda, bukan berarti mereka tidak akan melihat
kendaraan anda ketika anda tiba atau pergi.

Jika kendaraan tersebut tidak dibersihkan, mereka akan tiba-tiba
berpikir, "kalau menjaga kendaraannya tetap bersih saja malas,
bagaimana dia akan memelihara antusiasme untuk melayani kami?"

9. Penampilan anda adalah cermin kepribadian anda Pernahkah anda
bertemu orang yang ketika pertama kali kita bertemu, memberikan kesan
yang buruk sekali. Jangan jadi orang itu. Penampilan adalah penting
karena bagaimanapun juga menilai kualitas barang memang paling mudah
adalah dengan melihat kualitas bungkusnya.

Maka jagalah penampilan anda. Sebelum meninggalkan rumah, jangan lupa
sekali lagi memeriksa penampilan anda di cermin. Penampilan yang baik
tidak perlu mahal, yang penting rapih, bersih dan sepadan. Dan jangan
lupa tambahkan penampilan itu dengan senyum.

10. Berlatihlah mendengarkan orang lain Bila anda bertanya apa skill
paling penting bagi seorang salesman, maka kebanyakan orang akan
mengatakan: "Pinter ngomong". Pandai bicara. Tapi saya mengatakan
bahwa skill yang paling penting bagi salesman justru pandai
mendengar. Good listener.

Mendengarkan orang lain bukanlah sesuatu yang mudah bagi kebanyakan
salesman, tapi berlatihlah maka anda akan bisa belajar. Ketika anda
makan malam di rumah, dengarkan apa yang dikatakan keluarga lain.
Batasi komentar anda, tunjukkan perhatian anda pada pendapat mereka.
Anda akan terkejut melihat bagaimana orang lain akan membuka diri
ketika anda mau mendengar dan mengurangi waktu bicara.

Salam Sales

Paul patty

--- End forwarded message ---

Fwd: Tips Sales (1)

--- In sales-club@yahoogroups.com, "paul_patty04" <paul_patty04@...> wrote:

Salam Sales

Mulai hari ini, saya akan menampilkan tips dalam sales, secara
berseri 5 tips untuk setiap harinya


1. To be the best, do your best
Tanyakanlah pada diri anda sendiri "Apa yang perlu saya lakukan
supaya saya menjadi pegawai atau salesman atau manager terbaik di
kantor saya?" Dan lakukanlah. Bila kita mau jadi The Best, kita harus
berani mengambil langkah-langkah berani. Perbaikan kinerja 5-10% saja
tidak akan membawa anda menjadi The Best. Anda harus berani merubah
total bagaimana anda menjalani pekerjaan dan hidup anda.

Dan ingat, di jaman sekarang, terkadang lebih riskan untuk menjadi
safety player dibandingkan untuk berani mengambil risiko.

2. Semua orang sebenarnya adalah "salesman"
Pada dasarnya semua orang adalah salesman, karena dalam kehidupan
sehari-hari kita semua selalu dihadapkan pada situasi meyakinkan
orang lain. Pernahkah anda meyakinkan anak anda untuk memakan
wortelnya ketika dinner? Atau melemparkan sebuah ide ke boss anda?
Itu semua adalah "sales", karena "nothing happens before the sales is
closed". Tidak akan ada suatu hal-pun yang berjalan kalau kita
belum "menjual" ide kita. "Sales" membuat dunia berputar.

3. Objection
Pernahkan anda berada di dalam suatu presentasi dimana pesertanya
mengajukan keberatan terhadap ide anda yang mungkin sudah berhari-
hari anda pikirkan dan kembangkan? Bagaimana perasaan anda? Marah?
Tersinggung? Atau malah terintimidasi?

Sebenarnya suatu keberatan atau objection adalah permintaan untuk
mendapatkan informasi tambahan. Sehingga mengatasi objection
sebenarnya sangat mudah yaitu dengan persiapan. Tuliskan sepuluh
keberatan yang biasa anda terima dari klien anda (atau
suami/istri/pasangan hidup) dan temukan jawabannya, karena suatu
ketika saat objection itu muncul kembali, anda telah siap.


4. Tantangan mengerjakan hal yang sulit
Di antara para atlit juara, pebisnis top dan sales champion terdapat
satu kesamaan yaitu mereka selalu mengerjakan yang sulit terlebih
dahulu. Kenapa? Karena mereka tahu yang membedakan antara orang yang
sukses dan orang yang biasa saja justru adalah di pekerjaan yang
sulit. Pekerjaan yang mudah mungkin bisa dikerjakan oleh semua orang,
tapi hanya orang yang punya semangat dan daya juanglah yang mau dan
mampu mengerjakan pekerjaan yang sulit.

Jadi tanyakanlah satu pertanyaan pada diri anda sendiri sekarang:
pekerjaan sulit apa yang selalu saya tunda tiap hari yang sebenarnya
bisa saya kerjakan sekarang?

5. Jangan membicarakan masalah agama, seks atau politik
Sebagai orang Timur, manusia Indonesia adalah orang yang santun dan
sensitif. Karena itu, penting sekali menjaga apa yang kita katakan
supaya kita tidak menyinggung perasaan rekan kerja, klien, atau
bahkan atasan kita.

Jika seorang klien ingin membicarakan ketiga topik panas tersebut,
biar mereka membicarakan dan secara diplomatik mengakui hal tersebut
tetapi tidak menyatakan setuju atau tidak terhadap segala sesuatu.
Satu kali saja anda salah berbicara mengenai topik agama, seks atau
politik, maka bisa saja hubungan yang telah anda bina selama bertahun-
tahun buyar karena satu perbedaan kecil. Hindarilah topik ini dan
anda akan menjadi orang yang diterima dimanapun anda pergi.

Salam Sales

Paul Patty

--- End forwarded message ---