Salam Sales
11. Berperan aktif pada rapat penjualan anda (Contribute to your
sales meeting) Setiap tim penjualan yang sukses memiliki rapat
mingguan untuk mereka tetap dapat mengikuti perkembangan pasar. Akan
tetapi banyak tenaga penjualan yang mengikuti rapat tersebut datang
dengan sikap mental hanya untuk menerima atau memperoleh hasilnya
saja.
Mulai saat ini, setiap anda datang atau mengikuti rapat penjualan,
katakan pada diri anda sendiri bahwa anda akan akan memberikan
kontribusi setidaknya satu poin yang dapat membantu seluruh tim untuk
mencapai target yang diinginkan.
12. Sapaan Mingguan Kepada Klien Anda
Satu panggilan telepon atau e-mail kepada klien anda yang lalu untuk
menunjukkan bahwa anda masih ingat, peduli dan memikirkan mereka.
Anda sendiri tahu bahwa anda masih peduli kepada klien lama anda
tersebut tetapi jika anda tidak menunjukkannya, bagaimana mereka akan
mengetahui bahwa anda masih ingat?
13. Rujukan dari Klien yang Puas adalah Kunci Perkembangan
Klien yang puas adalah sumber terbaik bisnis baru anda. Klien yang
puas mengetahui kemampuan dan kinerja anda dan mereka puas dengan
itu. Mereka pikir anda telah bekerja dengan sangat baik.
Oleh karena itu, tanyakan pada klien anda tersebut apakah mereka
memiliki kenalan atau rekan bisnis yang mungkin dapat menggunakan
jasa atau produk anda. Dan lihatlah usaha anda berkembang.
14. Ucapkan Terima Kasih
Terdengar sederhana tetapi banyak tenaga penjual yang lupa untuk
mengucapkannya. Satu ucapan terima kasih kepada klien setelah anda
menutup penjualan dapat mengangkat citra anda di mata mereka.
Kali lain anda berhasil menutup penjualan, jangan lupa untuk
mengirimkan tanda ucapan terima kasih. Dapat berupa surat resmi yang
diketik atau anda tulis sendiri atau bingkisan.
15. Setelah Saat Anda Berhasil Menutup Penjualan, Tutup Mulut Anda
Setelah berhasil memperoleh penjualan, tenaga penjual akan
menyombongkan keberhasilan mereka. Dan di tengah "presentasi"
keberhasilan tersebut, kadang mereka akan berkata bahwa mereka lebih
pintar dari si klien.
Tidak ada orang yang suka dibodohi atau berpikir bahwa mereka telah
membuat kesepakatan yang tidak menguntungkan. Apabila
cerita "kehebatan" anda tersebut sampai di telinga si klien tadi,
bersiap-siaplah untuk menerima pembatalan pesanan.
Salam Sales
Paul Patty
--- End forwarded message ---